TBA dan TBB untuk penerbangan komersial maupun perintis di wilayah Manokwari, Sorong, Biak dan Nabire semua sudah diuraikan di aplikasi SIGAP
Manokwari (ANTARA) - Kepala Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IX Sigit Pramono mengatakan saat ini masyarakat bisa mengontrol harga tiket penerbangan untuk wilayah Sorong, Manokwari, Biak dan Nabire melalui aplikasi layanan informasi SIGAP (Siap dan Tanggap).

"Terutama saat arus mudik Lebaran kali ini jangan sampai tiket yang dibeli warga melebihi tarif batas atas (TBA). Silahkan cek dan kontrol harga tiket melalui SIGAP," kata Sigit di Manokwari, Rabu.

Ia mengatakan, SIGAP merupakan aplikasi besutan Otban Wil IX untuk membantu masyarakat pengguna jasa penerbangan mengontrol dan melaporkan jika ada maskapai yang menjual harga di atas TBA dan di bawah tarif batas bawah (TBB).

Ia menjelaskan, masyarakat bisa mengakses SIGAP via website https://otban9.id/sigap atau versi whatsapps di nomor hotline 0811-4871-777.

Jika ada penjualan tiket yang tidak sesuai aturan yaitu di atas TBA atau di bawah TBB, masyarakat bisa langsung memfoto tiket yang terlampir dan dikirim via WA.

"TBA dan TBB untuk penerbangan komersial maupun perintis di wilayah Manokwari, Sorong, Biak dan Nabire semua sudah diuraikan di aplikasi SIGAP. Semua bisa dicek langsung oleh masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi SIGAP pada warga masyarakat terutama para pengunjung bandara melalui spanduk atau standing banner. Bahkan warga tinggal lakukan scan barcode untuk mengakses SIGAP.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar masyarakat punya kemauan melapor jika mendapati harga tiket pesawat tidak sesuai aturan.

"Jadi selama ini masyarakat bingung kalau tiket harga tinggi mau melaporkan kemana. Nah dengan SIGAP ini warga bisa kapanpun dan dari manapun melapor," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Manokwari sosialisasikan alih trace jalan bandara pada warga
Baca juga: Pemkab Manokwari siapkan lahan Terminal Bandara Rendani sebelum 2025

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024