Saya sangat tenang, nyaman berada di Sudaji, serasa menyatu dengan alam
Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Desa Sudaji, Kabupaten Buleleng, Bali, yang mampu menjadi salah satu daya tarik kunjungan delegasi G20 di Pulau Dewata.

"Ini merupakan langkah nyata kementerian untuk mempromosikan destinasi wisata, utamanya yang ada di Buleleng," kata Sandiaga saat mengunjungi galeri kerajinan tangan, produk unggulan, dan buah khas Sudaji dalam pagelaran seni Desa Sudaji, Jumat.

Ia mengatakan Desa Sudaji sangat layak menjadi daya tarik kunjungan delegasi saat acara G20 di Pulau Dewata karena memiliki beberapa keunggulan dan ciri khas tersendiri.

Sandiaga juga sangat mengapresiasi produk unggulan Desa Sudaji mulai dari wisata alam, kerajinan tangan, dan buah-buahan unggulan lokal yaitu durian.

"Saya sangat tenang, nyaman berada di Sudaji, serasa menyatu dengan alam. Saya kira itulah keunggulan desa wisata ini dibandingkan desa wisata lainnya yang ada," papar dia.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna hadir menyambut kunjungan Menparekraf di Desa Sudaji dalam rangka nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Acara diawali dengan pemaparan dari Perbekel dan Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sudaji terkait daya tarik wisata budaya yang ada di Desa Sudaji yaitu Ngusaba Bukakak yang merupakan simbol wujud syukur yang dicetuskan para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang memberi kesuburan dan hasil panen yang melimpah.

Upacara Ngusaba Bukakak dilakukan secara turun temurun setiap Purnama Sasih Karo.

Selain itu, wisata alamnya yang disebut Gandameru adalah tempat wisata terbaik di Desa Sudaji karena memiliki tempat yang sangat indah, nyaman dan jauh dari polusi kendaraan.

Juga, pemandangan bukit yang sangat indah dan beningnya air yang mengalir di sekitar areal persawahan. Di Desa Sudaji juga disediakan homestay bagi para wisatawan yang ingin beristirahat atau menginap di Desa Sudaji.

Baca juga: Menparekraf pastikan isu ganggu reputasi Bali tertangani dengan baik
Baca juga: Menparekraf: Sanur Village Festival masuk 100 Kharisma Event Nusantara
Baca juga: Sandiaga Uno sampaikan pentingnya kolaborasi dengan swasta

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/IMBA Purnomo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022