Sydney (ANTARA) - Saham-saham Asia memulai awal yang sulit pada perdagangan Senin pagi, sementara dolar tetap dalam permintaan di tengah kekhawatiran sebagian besar bank sentral utama berkomitmen untuk menaikkan suku bunga tidak peduli terhadap risiko terhadap pertumbuhan.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell menjadi berita utama sejumlah pembuat kebijakan di Jackson Hole akhir pekan ini dan risikonya adalah dia tidak akan memenuhi harapan investor untuk berputar menjadi dovish pada kebijakannya.

"Kami memperkirakan pengingat bahwa pengetatan lebih diperlukan dan masih banyak kemajuan yang harus dilakukan pada inflasi, tetapi tidak ada komitmen eksplisit untuk tindakan kenaikan suku bunga tertentu untuk September," kata Jan Nevruzi, seorang analis di NatWest Markets.

"Untuk pasar, pengiriman hambar seperti itu bisa mengecewakan."

Pasar berjangka sepenuhnya memperkirakan untuk kenaikan lain pada September dengan satu-satunya pertanyaan adalah apakah itu akan menjadi 50 atau 75 basis poin, sementara suku bunga diperkirakan naik pada 3,5 persen-3,75 persen pada akhir tahun ini.

Sebuah jajak pendapat ekonom Reuters memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada September dengan risiko condong ke puncak yang lebih tinggi.

Satu pengecualian untuk tren pengetatan adalah China di mana bank sentral diperkirakan akan memangkas beberapa suku bunga pinjaman utama pada Senin antara 10 dan 15 basis poin.

Kegelisahan atas ekonomi China mendorong yuan ke level terendah tiga bulan pekan lalu sementara menekan saham di seluruh wilayah. Senin pagi, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,4 persen.

KOSPI Korea Selatan merosot 1,1 persen, sementara Nikkei Jepang turun 1,0 persen, meskipun telah menarik dukungan dari pembalikan tajam baru-baru ini dalam yen.

S&P 500 berjangka melemah 0,5 persen dan Nasdaq berjangka turun 0,6 persen. S&P 500 telah berulang kali gagal untuk menghapus rata-rata pergerakan (MA) 200-harinya di sekitar 4.320 dan berakhir pekan lalu jatuh 1,2 persen.

Survei terbaru BofA terhadap investor menemukan sebagian besar masih bearish meskipun 88 persen memperkirakan inflasi yang lebih rendah dari waktu ke waktu, persentase tertinggi sejak krisis keuangan.

"Itu membantu menjelaskan rotasi bulan ini ke ekuitas teknologi dan konsumer non-primer, dan keluar dari saham defensif," kata ahli strategi BofA Michael Hartnett. "Relatif terhadap sejarah investor masih beli (saham) defensif dan jual (saham) siklikal."

Dia tetap berhati-hati mengingat kenaikan suku bunga dan merekomendasikan memudarnya reli S&P lebih lanjut di atas 4.328.

Valuasi ekuitas tidak terbantu oleh kenaikan tajam dalam imbal hasil obligasi global pekan lalu. Imbal hasil 10-tahun Inggris naik paling tinggi dalam lima tahun menyusul laporan inflasi yang mengejutkan, sementara imbal hasil obligasi Jerman melonjak karena kenaikan harga produsen Jerman yang sangat tinggi.

Imbal hasil obligasi sepuluh tahun naik 14 basis poin selama seminggu dan terakhir berada di 2,99 persen, sementara kurva tetap sangat terbalik untuk mencerminkan risiko resesi.

Suasana umum ketidakpastian global cenderung mendorong dolar AS sebagai mata uang safe havens yang paling likuid, mengirimkannya 2,3 persen lebih tinggi minggu lalu menjadi 108,18 terhadap sekeranjang mata uang minggu lalu dalam kinerja terbaiknya sejak April 2020.

"Dolar AS dapat melacak di atas 110,00 minggu ini jika indeks manajer pembelian (PMI) Agustus untuk ekonomi utama menunjukkan perlambatan lebih lanjut dalam pertumbuhan ekonomi atau kontraksi aktivitas," kata Joseph Capurso, kepala ekonomi internasional di CBA, mengacu pada survei manufaktur yang akan dirilis pada Selasa (23/8/2022).

"Kami juga memperkirakan Powell menyampaikan pesan hawkish tentang inflasi sejalan dengan komentar baru-baru ini dari pejabat Fed lainnya, mendukung dolar AS."

Dolar naik pada 137,04 yen, setelah melonjak 2,5 persen minggu lalu, sementara euro berjuang di 1,0030 dolar setelah kehilangan 2,2 persen minggu lalu.

Risalah pertemuan kebijakan terakhir Bank Sentral Eropa dijadwalkan minggu ini dan kemungkinan akan terdengar hawkish mengingat mereka memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin.

Kenaikan dolar telah menjadi kemunduran bagi emas, yang diperdagangkan pada 1.744 dolar AS per ounce.

Harga minyak juga berada di bawah tekanan di tengah kekhawatiran tentang permintaan global dan dolar yang tinggi. Brent turun 1,02 dolar AS pada 95,70 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS kehilangan 99 sen menjadi 89,78 dolar AS per barel.

Baca juga: Saham Asia dalam ketidakpastian, sementara dolar terus menguat

Baca juga: Pasar saham Asia melemah, dolar bertahan kuat setelah risalah The Fed

Baca juga: Saham dan minyak goyah, dolar menguat di tengah kekhawatiran resesi


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022