ditargetkan akan membangun 406 BTS 4G pada 2022
Jayapura (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun ribuan menara stasiun pemancar dasar (base transceiver station/BTS) 4G untuk mendukung infrastruktur digital dan ekosistem digital di Papua dan Papua Bara, sekaligus menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). 

"Kominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI telah membangun 1.591 BTS 4G sepanjang 2021 dan ditargetkan akan membangun 406 BTS 4G pada 2022," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, dalam sambutannya secara daring pada puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema "Binar Digital Papua" di GOR Cenderawasih Jayapura, Papua, Rabu.

Selain itu, kata Johnny, pihaknya juga telah membangun akses internet pada 1.702 titik layanan publik yang terdiri atas sarana pendidikan, pemerintah daerah, fasilitas, kesehatan, dan layanan pemerintahan lainnya di seluruh Papua dan Papua Barat.

Terkait pendampingan ekosistem digital usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Papua dan Papua Barat, Johnny menuturkan pada tahun ini Kementerian Kominfo masih ingin terus menyelenggarakan berbagai kegiatan bagi 100 pengusaha UMKM dan 200 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Baca juga: Warga Papua diajak jadi Creativepreneur Torang Bisa

Pendampingan meliputi pelatihan UMKM berkelanjutan, pelatihan Bahasa Inggris melalui platform digital bagi pelaku pariwisata serta literasi digital di Papua dan Papua Barat.

"Untuk itu agar Pemda lebih aktif dalam melibatkan keikutsertaan masyarakat lokal, orang asli Papua (OAP). Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan produk UMKM Papua seperti produk fesyen, kriya dan kuliner artisan, mampu terangkat dan naik kelas menjadi 'high value product'," kata Menkominfo.

Dengan begitu, lanjut Menkominfo, layaknya kata 'Binar’ produk-produk UMKM/UMi Papua harus makin bersinar sebagaimana cerahnya sinar pagi bagi nusantara bahkan panggung regional.

"Jadi, mari bersama-sama kita dukung UMKM Indonesia yang semakin berdaya secara digital menuju terwujudnya Indonesia Terkoneksi: Makin Digital, Makin Maju! Makin Bangga Buatan Indonesia!" pungkas Menkominfo.

Baca juga: Gernas BBI sasar UMKM jadi penggerak perekonomian digital

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022