Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo akan meninggalkan McLaren pada akhir musim Formula 1 2022 menyusul kesepakatan bersama yang diumumkan pada Rabu untuk mengakhiri kontrak sang pebalap Australia satu tahun lebih awal dari seharusnya.

Ricciardo merapat ke Mclaren setelah pindah dari Renault pada akhir 2020. Kendati memenangi Grand Prix Italia tahun lalu di Monza di saat McLaren finis 1-2, ia kewalahan menyamai performa rekan satu timnya, Lando Norris.

Dia kemungkinan akan digantikan kompatriot senegaranya yaitu Oscar Piastri, yang saat ini adalah pebalap cadangan tim Alpine yang pada bulan lalu terkesan mengumumkan secara sepihak merekrut sang pebalap muda itu untuk timnya tahun depan.

Baca juga: Piastri tolak bangku tim Alpine di tengah kesimpangsiuran kontrak

Namun, Piastri, beberapa jam setelah pengumuman itu, mengeluarkan bantahan dan menolak membalap untuk tim jelmaan Renault itu.

McLaren belum mengeluarkan pernyataan siapa pengganti Ricciardo demikian pula detail biaya finansial dari menyudahi kontraknya.

"Hai, saya ingin memberi kabar, tidak bagus pastinya, pahit," kata Ricciardo lewat unggahan video di Instagram.

"Kami kedua pihak berupaya keras tapi hasilnya tidak seperti yang kami inginkan, jadi tim memutuskan untuk melakukan pergantian untuk tahun depan.

"Kami banyak berdiskusi tapi pada akhirnya kami sepakat bahwa ini hal yang paling baik bagi kami.

"Saya akan terus melanjutkan hingga akhir tahun ini, pastinya, dan terus memberikan yang terbaik... Apa yang menanti di depan, saya belum tahu, tapi kita lihat saja."

Baca juga: Ricciardo merasa didukung penuh oleh McLaren
Baca juga: Alpine tunjuk Oscar Piastri sebagai pengganti Alonso pada 2023

Tim Alpine memiliki bangku kosong apabila mereka melepas Piastri, karena juara dunia dua kali Fernando Alonso akan membalap untuk Aston Martin tahun depan.

Beberapa tim lain juga mendapati pebalap mereka habis masa kontraknya akhir tahun ini.

"Daniel adalah bagian yang luar biasa bagi McLaren, dan kami merasa senang bekerja dengan dia," kata CEO McLaren Zak Brown dikutip laman resmi tim.

"Bukan rahasia lagi bahwa kami berharap ingin meraih hal yang lebih lagi bersama tapi melihat dia berada di podium teratas sebagai McLaren adalah suatu capaian. Kami doakan yang terbaik untuk masa depannya dan mari nikmati sisa musim bersama."

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022