Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) akan menggelar Indonesia Esports Summit yang menjadi rumah bagi IESF World Esports Championship 2022 sekaligus panggung bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mempresentasikan luasnya industri esport.

Ketua Bidang Hubungan Internasional PB ESI, Tjahjono Prasetyanto, mengatakan bahwa acara yang digelar perdana tersebut akan diselenggarakan tiap tahun, dan kali ini diadakan bersamaan dengan Kejuaraan Esport Dunia ke-14 itu.

"Indonesia Esports Summit akan memiliki potensi dan kontribusi penguatan ekonomi digital nasional yang sangat besar. Kami menyambut antusias IESF menjadikan Indonesia tuan rumah IESF World Esports Championship yang akan digelar bersamaan dengan Indonesia Esports Summit," kata Tjahjono dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

"Acara ini akan melibatkan seluruh ekosistem dengan menyuguhkan kreativitas insan esport Indonesia dan dunia, yang diharapkan dapat berkontribusi sosial dan ekonomi, juga pemacu roda pariwisata, terutama ekosistem sport tourism."

Baca juga: IESF World Esports Championship 2022 di Bali siap digelar

Indonesia Esports Summit, menurut Tjahjono, akan menjadi ajang efektif untuk memperkenalkan standar baru penyelenggaraan esport dunia sekaligus memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal kepada ekosistem esport internasional.

Salah satunya adalah melalui penampilan dari sejumlah seniman dan pemusik ternama Tanah Air, mulai dari band musik dengan genre tradisional Bali, Gus Teja, musisi Bali lainnya dengan genre rock ethnic, Jun Bintang, produser dan komposer music medley Alffy Rev, hingga grup musik yang mengusung pop culture RAN.

"Esport tidak hanya soal game saja, tetapi saat ini juga berkaitan erat dengan gaya hidup. Ini adalah sebuah festival esport luar ruangannya terbesar di mana akan ada berbagai kegiatan di sana," kata Direktur Garuda Digital Kreatif, Diana Sutrisno.

Para partisipan akan mengikuti kegiatan esport sembari menikmati keindahan pantai dan pesona alam Bali yang indah di Merusaka, Nusa Dua.

"Akan ada lebih dari 80 booth yang berada di indoor maupun outdoor, juga akan ada konferensi, talkshow dengan narasumber nasional dan internasional. Kami harapkan akan ada total 15.000 pengunjung secara offline di sana," ujar Diana.


Baca juga: Piala Presiden Esports 2022 resmi bergulir

Pameran dalam Indonesia Esports Summit akan menjadi lokomotif tren esport terkini Indonesia, yang di dalamnya diisi oleh di antaranya pengembang game, platform gaming, produsen teknologi, juga penyedia layanan internet.

Sehingga pameran juga menjadi wadah untuk menampilkan proyek-proyek terbaru soal gaming, mulai dari game itu sendiri hingga perangkat game dari perusahaan teknologi, yang dapat dicoba oleh para pengunjung.

Sementara itu, talkshow akan membahas berbagai hal, antara lain kisah sukses di industri game, diskusi panel yang membahas isu terkini, juga peluncuran produk baru, yang akan diisi oleh pembicara nasional dan internasional, termasuk Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Mainsescu.

Area outdoor akan menjadi tempat bagi para pengunjung untuk bersantai sambil memanjakan lidah lewat berbagai kuliner yang disuguhkan booth makanan dan minuman.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022