Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen akan kembali ke kesibukannya di baik kemudi Red Bull akhir pekan ini setelah jeda musim panas dan berupaya memantapkan posisi  pemuncak klasemen Formula 1 dengan kemenangan kedua dalam Grand Prix Belgia.

GP Belgia di Spa-Francorchamps akan menjadi balapan "kandang" pertama bagi pebalap 24 tahun berdarah campuran Belgia-Belanda itu, dalam rangkaian triple header musim ini.

"Saya merasa siap membalap kembali setelah jeda yang baik," kata Verstappen seperti dikutip AFP.

"Saya tak sabar lagi untuk kembali membalap, triple-header yang akan sibuk, tapi semua akan berjalan baik karena kami semua telah beristirahat."

Setelah menang di Prancis dan Hungaria, Verstappen berpeluang besar melengkapi hattrick tiga kemenangan beruntun saat Ferrari didera blunder meski mencetak tujuh pole position namun hanya meraih tiga kemenangan untuk Charles Leclerc yang berada pada peringkat dua klasemen tapi berjarak 80 poin dari Verstappen.

Jeda tengah musim F1 dimulai setelah GP Hungaria pada 31 Juli lalu dan berakhir pekan ini ketika tim-tim mulai bersiap-siap menjalani balapan yang digemari di sirkuit spektakuler yang dikelilingi hutan itu.

Baca juga: Wolff yakin Mercedes "semakin dekat" raih kemenangan

Mendapatkan kemenangan pertamanya di tanah kelahirannya di Hasselt pada balapan tahun lalu yang terhalang cuaca buruk, Verstappen akan mendorong limitnya di depan para pendukungnya, Orange Army, yang bakal berbondong-bondong datang dari negara tetangga Belanda akhir pekan ini.

Kemenangan di Belgia akan menjadi modal bagus menuju balapan "kandang" kedua Verstappen di Zandvoort, Belanda tujuh hari berselang di mana dia naik podium teratas di sana tahun lalu.

Akan tetapi, Verstappen berharap hasil berbeda di Monza yang menjadi bagian terakhir dari tiga balapan beruntun musim ini di mana dia tabrakan dengan Lewis Hamilton di GP Italia tahun lalu.

"Pembaruan di trek ini menjadikannya sedikit jadul dengan 'gravel trap', yang menurut saya ide bagus," kata Verstappen.

"Ini trek favorit saya, jadi saya tak sabar lagi membalap di sana dan kelihatannya akan hujan juga, yang akan membuat lebih sulit. Beruntung, sebagai tim, kami menyukai tantangan."

Gravel trap

Gravel trap telah ditambahkan dalam empat tikungan Spa, termasuk di bagian Eau Rouge-Raidillon yang sangat cepat, untuk meningkatkan keamanan saat membalap.

Baca juga: Ricciardo tinggalkan McLaren pada akhir musim

FIA, mulai di Belgia, juga menerapkan arahan teknis yang baru untuk mengurangi "porpoising" dan "bouncing" yang dipandang menguntungkan Mercedes yang menjadi tim paling terdampak hal tersebut selama paruh pertama musim ini.

Akan tetapi, Mercedes telah menunjukkan perbaikan signifikan sebelum jeda musim ketika mencetak dua podium ganda di Prancis dan Hungaria.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton akan mengincar kemenangan kelimanya di Belgia dan yang pertama untuk musim ini demi menjaga rekor pebalap yang selalu menang balapan setiap musim.

"Kami semakin dekat," kata bos tim Mercedes Toto Wolff. "Kami harus menjaga momentum dan terus menekan."

Akhir pekan ini juga akan menampilkan Sebastian Vettel membalap di Spa untuk terakhir kalinya.

Sebagai pemenang tiga kali di Belgia, dia sangat menyukai sirkuit klasik itu dan akan menjadi akhir pekan yang emosional bagi Vettel yang akan pensiun akhir musim nanti.

Akhir pekan nanti juga akan menjadi momen penting bagi Daniel Ricciardo setelah McLaren pada Rabu mengumumkan kontrak pebalap Australia itu akan diakhiri lebih awal akhir tahun ini.

Baca juga: Giovinazzi turun di dua sesi latihan bebas bersama tim Haas
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022