Saya sangat menikmati selama sepekan berada di Yogyakarta. Saya bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah,
Yogyakarta (ANTARA) - Sejumlah atlet para bulutangkis dari 10 negara yang sebelumnya berlaga dalam Indonesia Para Badminton International 2022 mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Mereka mengunjungi sejumlah tempat ikonik di Kota Gudeg mulai dari berkeliling kompleks Candi Prambanan, santap siang di Ramayana Resto, hingga mencari buah tangan di kawasan Malioboro.

"Dalam perjalanan karier saya di para badminton, memang saya banyak berkunjung ke berbagai kota di dunia. Namun, turnamen ini menurut saya adalah pengalaman yang menarik, banyak hal baru yang saya dapatkan, terutama dari segi budaya seperti yang ada di belakang saya ini (Candi Prambanan)," ujar atlet asal Australia Grant Manzoney dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Minggu.

Saat tiba di kompleks Candi Prambanan, para atlet dari berbagai negara serta sejumlah atlet tuan rumah tampak antusias menelusuri kompleks candi yang dibangun pada abad ke-9 Masehi tersebut.

Setelah menjelajahi kompleks candi selama kurang lebih dua jam, mereka melakukan santap siang di Ramayana Resto yang masih berlokasi di kawasan yang sama dengan menu tradisional seperti mi goreng, soto, tahu bacem, serta tempe mendoan.

"Fox's Indonesia Para Badminton International 2022 adalah turnamen yang baik, mungkin terbaik di antara turnamen-turnamen yang pernah saya ikuti. Saya sangat menikmati selama sepekan berada di Yogyakarta. Saya bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah," ujar Manzoney.

Hector Jesus Salva Tunque, atlet yang datang dari Lima, Peru mengaku kagum melihat megahnya Candi Prambanan.

Dengan menggunakan telepon seluler yang tak pernah lepas dari genggamannya, Hector merekam sejumlah sudut candi yang menurutnya menarik untuk dibuat menjadi sebuah video mengenai kunjungan perdananya ke Tanah Air.

"Ini candi yang indah sekali. Selain foto-foto dan video, saya juga mendapatkan penjelasan yang membuat saya cukup penasaran dengan kultur dan budaya Indonesia," ucap Hector.

Usai memanjakan lidah dengan sajian khas Nusantara di kompleks Candi Prambanan, seluruh atlet melanjutkan perjalanan ke tempat ikonik lainnya, yakni Malioboro untuk berburu oleh-oleh.

Para Badminton Manager Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) Syahmi Sabron mengatakan penyelenggaraan Fox's Indonesia Para Badminton International 2022 berjalan dengan baik dan lancar, bahkan di atas standar yang telah ditetapkan oleh BWF.

Syahmi mengapresiasi penyelenggara yang mengusung konsep sport tourism dengan diadakannya city tour untuk para atlet.

Sebab, menurutnya, rangkaian tersebut cukup penting agar atlet dapat menikmati waktu berkualitas selepas turnamen dan membawa pengalaman menarik ke negaranya masing-masing.

"Dengan adanya city tour saya rasa juga sangat bagus agar atlet bisa mengetahui tempat ikonik di Yogyakarta. Atlet bukan hanya datang untuk bertanding saja, tapi bisa merasakan suasana yang berbeda di tempat-tempat yang mereka kunjungi," ujar Syahmi.

Sebanyak 69 atlet dari 10 negara berlaga dalam kejuaraan Fox's Para Badminton Internasional yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo, Kota Yogyakarta mulai 23 hingga 28 Agustus 2022.

Sebanyak 10 negara yang mengirimkan atletnya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Azerbaijan, Peru, India, serta Polandia.

Baca juga: Arena pertandingan para-bulu tangkis tak pernah sepi dari penonton
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022