Sudah ada beberapa akses menuju tempat pembukaan MTQ nasional yang digelar 10--19 Oktober 2022 yang direncanakan dibuka langsung Presiden Joko Widodo
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas saat pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, yang dijadwalkan dibuka Presiden Joko Widodo.

Kiram Park merupakan objek wisata alam dan pegunungan yang dibangun era Gubernur saat ini H Sahbirin Noor yang terletak di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, atau sekitar 30 KM dari Ibu Kota Kabupaten Banjar, Martapura.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemprov Kalsel M Yasin Toyib di Banjarmasin, Rabu, sudah ada beberapa akses menuju tempat pembukaan MTQ nasional yang digelar 10--19 Oktober 2022 yang direncanakan dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

"Skema jalur alternatif perlu disiapkan dan diatur agar tidak terjadi penumpukan arus lalulintas pada saat pembukaan nanti, apalagi akan banyak tamu besar datang, dijadwalkan Presiden membuka," katanya.

Pihaknya pun di bina marga juga sudah memperbaiki jalur-jalur masuk ke Kiram Park, seperti Jalan Pangeran Muhammad Noor arah Mandiangin, Jalan Gunung Kupang arah Cempaka dan Jalan Tambang Ulang arah Palaihari.

"Ada dua jalur alternatif lagi ke arah wisata Arunawai dan Alam Roh 18, bisa kita urai ke sana jika sangat macet nantinya," kata Yasin.

Ia menjelaskan kegiatan besar dengan ribuan orang yang datang pernah beberapa kali digelar di Kiram Park, hingga bisa digambarkan bagaimana penanganannya nanti saat pembukaan MTQ yang dihadiri kafilah seluruh provinsi di Indonesia.

Ia menambahkan Kiram Park yang kini menjadi andalan objek wisata Kalsel sangat patut untuk menjadi tempat digelarnya event akbar berskala nasional ini, karena menyajikan hal yang lain, khususnya keindahan alam di provinsi ini.

"Kita ingin menampilkan yang terbaik pada perhelatan yang bersejarah bagi provinsi ini," kata M Yasin Toyib

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi sudah meluncurkan MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan pada 25 Agustus 2022.

Gelar MTQ Nasional di Kalsel bertempat di tiga daerah, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Ada pun Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Masjid Nurul Iman, aula serba guna Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, auditorium ULM Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura.


Baca juga: Wakil Menteri Agama luncurkan MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan

Baca juga: Kiram Park, tahura yang percantik diri hasil polesan "Paman Birin"

Baca juga: Kalsel persiapkan qori dan qoriah untuk target juara umum MTQ Nasional

Baca juga: Kalsel terus bersiap selenggarakan MTQ nasional ke-29 tahun 2022

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022