Tokyo (ANTARA) - Aktivitas manufaktur Jepang tumbuh pada tingkat terlemahnya dalam hampir satu tahun pada Agustus, karena bisnis terpukul oleh kondisi ekonomi global yang memburuk dan penurunan permintaan dari China dan Korea Selatan.

Ekspansi lebih lemah mengirimkan tanda peringatan tentang prospek pertumbuhan global kepada para pembuat kebijakan yang berharap bahwa ekonomi terbesar ketiga di dunia itu akan mendapat manfaat dari perdagangan yang lebih kuat.

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur au Jibun Bank Japan turun ke penyesuaian musiman 51,5 pada Agustus dari 52,1 di bulan sebelumnya.

Angka tersebut tetap di atas angka 50 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi, tetapi merupakan tingkat pertumbuhan terlemah sejak September 2021. Itu lebih tinggi dari pembacaan sementara 51,0.

Angka utama mengalami penurunan bulan kedua berturut-turut dalam produksi dan pesanan baru secara keseluruhan. Pesanan baru menyusut pada tingkat tercepat sejak Oktober 2020, dengan pesanan ekspor turun selama enam bulan berturut-turut.

Penurunan dalam aktivitas manufaktur kemungkinan akan berlanjut dalam waktu dekat, kata Usamah Bhatti, ekonom di S&P Global Market Intelligence, yang menyusun survei tersebut.

"Tidak adanya pesanan baru di tengah berkurangnya kepercayaan klien mengangkat tekanan kapasitas pada produsen-produsen," tambahnya.

"Manfaat yang datang dari kondisi permintaan yang lebih lemah adalah bahwa tekanan pada rantai pasokan telah diberi kesempatan untuk mereda."

Pabrik-pabrik Jepang memperpanjang ekspansi ke bulan kedua pada Juli karena lonjakan produksi kendaraan bermotor, data pemerintah menunjukkan pada Kamis.

Tapi itu juga menunjukkan produksi komponen dan perangkat elektronik mengalami penurunan satu bulan terbesar sejak data yang sebanding tersedia pada Februari 2013, menunjukkan retakan yang lebih dalam dalam prospek pertumbuhan ekonomi.

Kondisi lemah yang dihadapi pabrikan Jepang juga terlihat dalam survei PMI yang menunjukkan penurunan pertama pada backlog (pesanan untuk barang atau jasa yang belum terlayani) pekerjaan yang menjadi indikator kondisi bisnis yang luar biasa sejak Februari 2021.

Biaya input terus meningkat dengan cepat, meskipun pada kecepatan yang sedikit lebih longgar daripada pada Juli.


Baca juga: Regulator Jepang tingkatkan pengawasan bank saat suku bunga asing naik
Baca juga: Tingkat ketidakpuasan terhadap Pemerintah Jepang capai rekor tertinggi
Baca juga: Saham Tokyo anjlok tertekan kekhawatiran kenaikan suku bunga Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022