Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengatakan bahwa Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal bisa dilakukan melalui beragam variasi cara, salah satunya melalui olahraga.

“Kita sambil berolahraga menyampaikan nilai-nilai kebangsaan," kata Syarief saat meresmikan lapangan bulu tangkis di Desa Jambudipa, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia menyebut bahwa dengan menggunakan beragam variasi cara, maka materi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang disampaikan bisa lebih efektif. Hal tersebut, katanya, tercermin jawaban lugas masyarakat ketika dilontarkan pertanyaan perihal Empat Pilar Kebangsaan.

Baca juga: MPR sosialisasikan Empat Pilar melalui ajang turnamen futsal

“Mereka bisa mengikuti sosialisasi dengan gembira, kreatif, dan tepat sasaran," ujarnya.

Ia mengaku senang dan bangga karena warga paham dan mengerti nilai-nilai kebangsaan yang ia sampaikan sesaat sebelum meresmikan lapangan bulu tangkis tersebut.

"Warga Kampung Jambudipa sudah menjiwai nilai-nilai kebangsaan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengikuti acara itu. Ternyata mereka sudah belajar dan paham Empat Pilar," ucapnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR apresiasi wawasan kebangsaan Mathla'ul Anwar
Baca juga: Bamsoet: MPR dimandatkan vaksinasi ideologi empat pilar kebangsaan


Selain sebagai medium Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, ia berharap lapangan bulu tangkis yang diresmikan tersebut mampu membawa manfaat bagi warga. Selain untuk membangun tubuh yang sehat, kata Syarief, juga digunakan sebagai ajang bersilaturahim.

Ia melihat setelah wabah COVID-19 mulai menurun bersamaan dengan tingkat vaksinasi yang tinggi, muncul keinginan masyarakat untuk melakukan olahraga di luar.

“Nah keinginan itu difasilitasi dengan pembangunan lapangan bulu tangkis," kata Syarief.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022