Badung (ANTARA) - Direktur Utama Liga Bola Basket (IBL) Junas Miradiarsyah berharap turnamen bola basket 3x3 di Kuta, Bali, pada 3–4 September 2022 kembali membangkitkan animo masyarakat terhadap basket mengingat kompetisi itu sempat vakum dua tahun akibat pandemi.

Ia menjelaskan animo masyarakat terhadap olahraga basket harus selalu dijaga terutama setelah rangkaian kompetisi IBL 2022 berakhir bulan lalu.

"Kemarin kami baru selesai season-nya langsung kami bergerak supaya animonya tidak turun. Ini kami jalan keliling supaya semua kota kebagian (tuan rumah turnamen basket, red.)," kata Junas saat ditemui pada sela-sela kegiatannya di lokasi turnamen 3x3 IBL, Kuta, Bali, Minggu.

Ia mengatakan Bali sengaja dipilih sebagai kota pertama yang menjadi tuan rumah turnamen 3x3 IBL, karena Pulau Dewata diyakini mampu membangkitkan gairah masyarakat untuk menonton pertandingan basket.

"Jika lihat historical-nya (pengalamannya, red.) Bali salah satu kota yang istilahnya never fail (tidak pernah gagal, red.) antusiasmenya, kemudian ambience-nya," kata Junas.

Baca juga: Turnamen 3x3 IBL digelar lagi setelah vakum dua tahun akibat pandemi

Oleh karena itu, IBL memilih lokasi pertandingan di tempat melihat matahari terbenam (sunset point) di pesisir dekat Discovery Mall Kuta, yang menjadi salah satu atraksi bagi wisatawan dan masyarakat setempat.

"Bedanya 3x3 sama 5x5 orang bisa lebih dekat lihatnya, suasananya bisa lebih santai, dan konsep pertandingannya mendatangi tempat yang memang ramai," kata Direktur Utama IBL.

Oleh karena itu, Junas juga berharap kompetisi semacam itu dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait, terutama pemerintah daerah di kota masing-masing dan sponsor lokal.

"Jadi kita punya tanggung jawab sama-sama bukan hanya liganya saja yang menyelenggarakan," kata Junas.

Selepas dari Bali, turnamen bakal berlanjut ke empat kota lainnya di Pulau Jawa dengan pertandingan bergulir tiap akhir pekan untuk lima minggu ke depan.

Turnamen 3x3 di Yogyakarta bakal digelar di Sleman City Hall pada 10-11 September, berlanjut di di Supermall Pakuwon City, Surabaya, pada 17-18 September, kemudian di Bogor pada 24-25 September dengan lokasi yang masih belum ditentukan, dan ditutup babak playoffs di Bintaro Xchange Mall, Tangerang Selatan, pada 1-2 Oktober.

Turnamen IBL 3x3 2022 adalah kategori Elite IBL yang dikhususkan untuk 15 tim peserta IBL. Juara dari kategori Elite IBL akan diberangkatkan mengikuti kompetisi 3x3 World Tour di Hong Kong pada November 2022.

Baca juga: Pelita Jaya dan Prawira satu grup untuk Seri I Turnamen 3x3 IBL 2022
Baca juga: Antoni Erga tegaskan tekad Satria Muda pertahankan gelar 3x3 IBL

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022