Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Tanah Air diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Selasa (6/9).

Menurut informasi yang dipaparkan BMKG secara daring di Jakarta, Selasa, disebutkan sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, Kalimantan Barat, Laut Sulawesi bagian barat, yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudera Hindia Barat Daya Lampung,  Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan di Sulawesi bagian tengah.

Daerah konfluensi juga terpantau di Samudra Hindia Barat Bengkulu, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Laut China Selatan, laut Jawa bagian timur, perairan Utara NTB, Laut Seram, dan Papua.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan guyur sejumlah kota besar

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Untuk Pulau Sumatera, yang berada di wilayah Pangkalpinang dan Palembang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan untuk wilayah Bandar Lampung diperkirakan berkabut, sementara di wilayah Padang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Waspadai wilayah Bengkulu dan  Jambi, karena akan hujan disertai petir.

Selanjutnya, Banda Aceh diprakirakan berawan, sedangkan Medan dan Pekanbaru hujan dengan intensitas ringan. Waspadai untuk wilayah Tanjungpinang, karena diprakirakan hujan disertai petir, sedangkan di Pulau Jawa, Serang dan Jakarta diprakirakan berawan. Sedangkan wilayah Bandung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Untuk wilayah Surabaya diprakirakan cerah berawan, Yogyakarta berawan tebal dan Semarang hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu, di Kalimantan, untuk Palangka Raya dan Samarinda diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan di wilayah Pontianak diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Baca juga: Kawasan kota di Indonesia diprakirakan hujan ringan dan disertai petir

Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan mengguyur kota besar di Indonesia


Selanjutnya Tanjung Selor diprakirakan berkabut dan Banjarmasin diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Di Sulawesi, yang berada di wilayah Gorontalo dan Makassar akan hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Palu diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah Kendari diprakirakan berawan, Sedangkan untuk wilayah Mamuju waspada, karena diprakirakan hujan dengan intensitas lebat, dan di wilayah Manado juga waspada, karena diprakirakan hujan disertai petir.

Untuk wilayah Denpasar dan Kupang diprakirakan berawan. Sedangkan untuk wilayah Mataram hujan dengan intensitas sedang. Sementara itu, wilayah timur Indonesia, Ternate dan Jayapura diprakirakan berawan, sedangkan Manokwari dan Ambon diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022