Pengakuan ini tentu semakin menambah motivasi insan PTPN V untuk menjadi juara sawit di Riau.
Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara V dinobatkan sebagai anak perusahaan BUMN klaster perkebunan terbaik di Indonesia berdasarkan hasil riset yang dilaksanakan secara independen dan akuntabel oleh Biro Riset Infobank (BiRI) terhadap kinerja 127 perusahaan BUMN sepanjang 2021.

Direktur PTPN V Jatmiko Santosa di Pekanbaru, Riau, Rabu, mengapresiasi riset yang dilakukan BiRI secara independen dan akuntabel terhadap kinerja perusahaan yang dipimpinnya.

Baca juga: PTPN V lanjutkan program penyediaan bibit sawit unggul untuk petani

Menurut dia, hasil yang diperoleh tersebut adalah hasil perbaikan, komitmen, konsistensi dan persistensi serta berkat dukungan seluruh pihak terkait.

"Pengakuan ini tentu semakin menambah motivasi insan PTPN V untuk menjadi juara sawit di Riau," katanya..

Sebelumnya, hasil riset BiRI tersebut telah dipublikasikan oleh Majalah Infobank yang mengangkat tema "127 Rating BUMN 2022" edisi September 2022.

Baca juga: PTPN V salurkan bantuan modal Rp1,3 miliar perkuat UMKM di Rokan Hulu

Dalam publikasinya, Infobank yang dikenal sebagai majalah perbankan dan keuangan terkemuka dengan keunggulan analisis dalam pemberitaan yang didukung oleh data yang akurat menyebutkan bahwa perolehan laba PTPN V sepanjang 2021 mencapai Rp1,3 triliun atau melonjak 212,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Perolehan laba ini ditopang kenaikan pendapatan usaha sebesar 39,46 persen atau menjadi Rp7,42 triliun. Anak usaha PTPN III ini beraset Rp10,98 triliun per 2021.

Tak hanya dari sisi pertumbuhan yang solid, Infobank menyatakan indikator keuangan lain perusahaan itu juga terlihat signifikan dari sisi rentabilitas. Misalnya, return of equity atau ROE-nya tercatat 47,73 persen.
 

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera L
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022