Total vaksin PMK yang telah diterima oleh Provinsi Lampung berjumlah 308.000 dosis, dan telah didistribusikan ke kabupaten dan kota sebanyak 188.000 dosis
Bandarlampung (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di Lampung telah mencapai 78,90 persen.

"Total vaksin PMK yang telah diterima oleh Provinsi Lampung berjumlah 308.000 dosis, dan telah didistribusikan ke kabupaten dan kota sebanyak 188.000 dosis," ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan data terakhir pada Minggu (4/9) vaksin PMK bagi ternak tersebut telah terealisasi sebanyak 78,90 persen atau sebanyak 148.335 dosis.

"Dengan dengan adanya realisasi tersebut masih tersisa sebanyak 120.000 dosis yang saat ini masih terus didistribusikan," katanya.

Dia menjelaskan Lampung sebagai salah satu lumbung ternak nasional terus berusaha untuk mencapai nol kasus PMK, dengan jumlah kasus terkonfirmasi telah ada di 12 kabupaten, 35 kecamatan dan 62 desa.

"Berdasarkan data terakhir total kasus ternak terjangkit PMK ada 1.978 ekor, yang dinyatakan sembuh ada 1.816 ekor, dan yang belum sembuh dari Pesisir Barat itu ada 39 ekor," tambahnya.

Menurut dia, untuk mempercepat pelaksanaan pengentasan kasus PMK pemerintah setempat telah berupaya untuk melakukan sejumlah hal salah satunya pelaksanaan vaksinasi pada ternak yaitu sapi dan kerbau, pengobatan ternak yang sakit, pengetatan lalu lintas ternak.

"Selanjutnya peningkatan pengawasan melalui penerapan biosecurity, desinfeksi kandang, dan yang terakhir ialah dengan melakukan potong paksa untuk menekan persebaran penyakit," katanya.

Baca juga: Lampung diminta tingkatkan vaksinasi PMK pada ternak

Baca juga: Satgas PMK dorong Lampung nihil penambahan kasus PMK


 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022