Biarkan anak-anak ini tumbuh dengan percaya dirinya dan jangan dievaluasi
Jakarta (ANTARA) - Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati, mengedukasi peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Jakarta Utara melalui dongeng di Aula Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh Semper Barat, Cilincing, Kamis.

Fery mengajak Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta menjadikan dongeng sebagai sarana untuk mengedukasi anak-anak usia dini tentang nilai-nilai moral dalam kehidupan, dengan gaya bahasanya yang ringan dan mudah dipahami sehingga mampu menarik perhatian anak untuk ikut mendengarkan, menyimak, dan menyerap nilai-nilai baik yang terkandung dalam suatu cerita.

"Biarkan anak-anak ini tumbuh dengan percaya dirinya dan jangan dievaluasi. Mereka akan menjelajahi apa yang disukai sehingga merasa nyaman. Setelah dari sini, anak-anak juga bisa mendongeng dan berkreasi di rumah," tutur Fery Farhati didampingi Bunda PAUD Kota Jakarta Utara Yenny Nursanti dan Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam kegiatan dongeng dan kreasi.

Kegiatan Dongeng dan Kreasi bersama Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta tersebut diisi dengan agenda mendongeng, belajar berhitung, menyanyi, puisi, dan berkreasi membuat ubur-ubur dari kertas. Sekitar 25 anak-anak PAUD dilibatkan langsung dalam kegiatan yang bertemakan mendongeng adalah salah satu cara menstimulasi perkembangan anak dan meningkatkan komunikasi anak.

"Ini adalah kegiatan yang luar biasa dimana adik-adik PAUD ikut berinteraksi secara langsung dengan Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta dan terlihat sekali bahwa mereka menyukai kegiatan ini. Tadi juga ada dongeng dari Kak Izul yang bercerita tentang indahnya saling berbagi," ujar Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti.

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta juga menyempatkan waktu untuk meninjau produk-produk usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) di RPTRA Kelurahan Semper Barat dan memanen sayuran hidroponik jenis pokcay dan selada di Kebun Hidroponik RPTRA Intiland Teduh Semper Barat.
Baca juga: DPRD DKI minta PAUD dikecualikan saat PTM 100 persen diberlakukan
Baca juga: Wagub DKI sesalkan kabar PAUD yang gelar belajar tatap muka
Baca juga: DKI dirikan 142 PAUD Negeri pada 2020

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022