Tangerang (ANTARA) - Dua RT, yakni RT 01 dan RT 04 di Kampung Cilampe, Kelurahan Salembaran, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi 50-60 centimeter akibat meluapnya Kali Cilampe pada Sabtu.

Berdasarkan dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, terdapat 98 kepala keluarga (KK) di dua RT yang digenangi banjir.

"Total KK yang terdampak di RT 01 ada 48 KK dan RT 04 ada 50 KK," ucap Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Tangerang, Sabtu.

Dari dua area yang terendam banjir tersebut saat ini telah dilakukan penanganan oleh BPBD dengan cara menyedot air yang menggenangi permukiman warga itu.

Baca juga: Seorang warga di Tangerang meninggal usai terjatuh di genangan banjir

Baca juga: Korban banjir di Tangerang harap pemerintah lakukan normalisasi sungai


"Untuk penanganan banjir Cilampe, tim BPBD Kabupaten Tangerang melalui pos Damkar Kosambi sudah melakukan penyedotan dengan menurunkan satu mesin sedot, dengan 5 personil," ujar dia.

Sementara itu, Camat Kosambi Dadang Sudrajat menambahkan bahwa dari dua area rukun tetangga yang terdampak musibah banjir tersebut, hingga kini belum ada warga yang melakukan pengungsian.

"Sejauh ini belum ada laporan warga yang mengungsi," tuturnya.

Ia mengatakan musibah banjir di permukiman Cilampe, Kelurahan Salembaran, Kecamatan Kosambi hari ini terparah.

"Karena wilayah itu paling dekat dengan kali, jadi saat ini terparah. Dan biasanya di situ jarang banjir juga," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk penyebab terjadinya banjir di wilayahnya itu merupakan faktor dari adanya tumpukan sampah yang menutupi aliran kali. Sehingga, saat memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan aliran air itu pun meluap ke permukiman.

"Faktor sampah membuat laju air kali meluap, jadi naik ke permukiman warga. Dan kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan," ungkapnya.*

Baca juga: Sungai meluap, puluhan keluarga di Tangerang terisolasi akibat banjir

Baca juga: Lokasi banjir di Kota Tangerang disemprot cairan eco enzim

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022