Jakarta (ANTARA) -
Timnas bola voli putri Indonesia terhindar dari posisi juru kunci setelah meraih kemenangan perdana atas Filipina dalam laga terakhir ASEAN Grand Prix 2022.
 
Tampil di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu, tim asuhan Alim Suseno ini mengalahkan Filipina dengan skor 3-0 (26-24, 25-22, 25-23).
 
Hasil tersebut menempatkan Indonesia di posisi ketiga klasemen akhir dengan meraih tiga poin. Sedangkan Filipina berada di dasar klasemen tanpa meraih kemenangan.
 
Juara dalam ajang yang menggunakan format setengah kompetisi ini adalah Thailand yang sapu bersih tiga pertandingan, termasuk pada pertandingan hari ini melawan Vietnam dengan 3-0 (25-19, 25-17, 26-24).
 
Thailan pun memperpanjang dominasi dengan selalu menjadi juara dalam tiga gelaran ASEAN Grand Prix. Adapun pencapaian Indonesia kali ini menurun dari edisi terakhir pada 2019 ketika menjadi runner-up.
 
Berbicara terkait pertandingan hari ini, Alim Suseno mengatakan anak asuhnya dituntut untuk tampil ngotot dan jangan lengah. "Karena saya juga yakin Filipina pun tampil ngotot menghadapi kita," ujar Alim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Pelatih yang sukses membawa Bandung Bank bjb Tandamata menjuarai Proliga 2022 itu juga meminta kepada Yola Yuliana dan kawan-kawan untuk tidak meremehkan lawan.
 
"Kalau bisa tekan sejak awal dari skor masih 0-0. Biar permainan mereka tidak berkembang," ujar Alim yang menyebut Filipina tampil all-out karena dalam beberapa pertemuan di SEA Games selalu kalah dari Indonesia.

Baca juga: Timnas bola voli putri telan kekalahan kedua di ASEAN Grand Prix 2022
Baca juga: Minim persiapan, tim bola voli putri Indonesia takluk dari Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022