Jakarta (ANTARA) - Sineas legendaris Steven Spielberg mengisahkan memoar dan kecintaannya akan sinema dalam film "The Fabelmans", yang ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto (TIFF) 2022.

Spielberg, dalam laporan Associated Press, Senin, mengatakan film itu telah dipersiapkan sepanjang hidupnya. Sutradara "Jaws" (1975) itu kini berusia 75 tahun.

"The Fabelmans", yang ditulis Spielberg bersama Tony Kushner, diambil secara ekstensif dari masa kecil sang sutradara — dari orang tuanya, yang diperankan oleh Michelle Williams dan Paul Dano. Kecintaan Spielberg kecil akan film membuatnya menjadi seseorang yang imajinatif dan kreatif di balik layar dari masa ke masa.

"Ini adalah sesuatu yang jelas sudah saya pikirkan sejak lama," kata Spielberg di atas panggung setelah pemutaran film tersebut di TIFF, Sabtu (10/9) waktu setempat.

Baca juga: Studio Steven Spielberg disiapkan garap berbagai film untuk Netflix

"Saya tidak benar-benar tahu kapan saya akan menyiasatinya. Bukan karena saya memutuskan untuk pensiun (dari dunia film), dan ini adalah swan song saya. Jangan percaya semua itu," tegasnya.

Spielberg mengatakan dia pertama kali berbicara tentang "The Fabelmans" dengan Kushner selama pembuatan "Lincoln" (2012). Kushner, kata Spielberg, memainkan peran penting saat Spielberg membongkar ingatannya. Setelah pandemi, sutradara memutuskan untuk menceritakan, untuk pertama kalinya, tentang kisahnya kisahnya sendiri.

"Film ini bagi saya adalah cara untuk membawa ibu dan ayah saya kembali. Dan itu juga membawa saudara perempuan saya — Annie dan Sue dan Nancy — lebih dekat dengan saya daripada yang pernah saya pikirkan. Dan itu layak untuk dibuat filmnya," kata sutradara "E.T." (1982) itu.

Film berdurasi 2,5 jam itu langsung diterima sebagai karya besar dan personal bagi Spielberg, yang pasti akan memainkan peran utama di Academy Awards.

"The Fabelmans" diisi oleh eksperimen awal dengan kamera 8 milimeter, film kecil yang dibuat dengan anggota keluarga, dan sentuhan elemen film pendek yang semakin ambisius dari waktu ke waktu.

Sementara itu, Universal Pictures akan merilis "The Fabelmans" pada 11 November di New York dan Los Angeles sebelum memperluasnya secara nasional pada 23 November.

Baca juga: Film "West Side Story" kantongi Rp150 miliar di box office Amerika

Baca juga: "West Side Story" tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini

Baca juga: Steven Spielberg kenang Stephen Sondheim di "West Side Story"

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022