Kami memberikan bantuan sosial paket sembako yang sasarannya kepada nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sejumlah perwira Kepolisian Resor Jember memberikan bantuan paket sembako kepada para nelayan yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di pesisir selatan Pantai Puger Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggunakan perahu.

"Kami memberikan bantuan sosial paket sembako yang sasarannya kepada nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM dan bantuan itu akan berkelanjutan kepada masyarakat lainnya yang terdampak kenaikan harga BBM," kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo dalam rilis yang diterima di Kabupaten Jember, Selasa.

Dengan menggunakan perahu cepat, Kapolres memimpin langsung pembagian paket bahan pokok kepada para nelayan dengan didampingi oleh Kasat Lantas AKP Enggar Lafri, Kasat Binmas AKP Yuliarti, Kasat Polair AKP M.Na'i dan Kapolsek Puger AKP Eko Basuki.

"Bantuan tersebut bentuk kepedulian Polres Jember kepada para nelayan yang terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi sehingga diharapkan dapat meringankan beban nelayan," tuturnya.

Kapolres juga berdialog dengan para nelayan yang mengeluhkan kesulitan mendapatkan solar bersubsidi karena keterbatasan kuota di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di Kecamatan Puger.

Baca juga: Dispendik Jember perbaiki 120 ruang kelas SD-SMP rusak berat

Baca juga: BBM naik, ASN di Jember-Jatim diajak "gowes ke kantor hemat energi


"Di sini hanya ada satu SPBN sehingga menyebabkan antrean dan menunggu lama. Kami akan sampaikan kepada pihak Pertamina untuk menambah satu titik lagi SPBN," katanya.

Ia menjelaskan aparat kepolisian akan menindak tegas oknum atau pihak-pihak yang sengaja mempermainkan harga BBM bersubsidi tersebut yang menyebabkan nelayan kesulitan mendapatkan solar.

Sementara seorang nelayan Puger, Hasan mengatakan kenaikan BBM sangat berdampak pada operasional nelayan saat mencari ikan di laut yang menggunakan BBM jenis solar.

"Kami harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk bisa mencari ikan di tengah laut, sehingga kami harus benar-benar bisa mengatur keuangan agar tetap bisa melaut," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Jember yang memberikan bantuan paket bahan pokok kepada para nelayan yang terdampak kenaikan BBM, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga nelayan.

Selain memberikan bantuan paket bahan pokok kepada nelayan, Polres Jember juga memberikan bantuan serupa kepada tukang becak, sopir angkutan lin kuning dan tukang ojek daring.

Baca juga: Polres Jember jaga sejumlah SPBU antisipasi kecurangan BBM

Baca juga: Tiga hiu tutul terdampar di pesisir selatan Jember dan Lumajang

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022