Bekasi (ANTARA) - Sentra UMKM dan Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bekasi yang berlokasi di komplek Kantor Wali Kota Bekasi diresmikan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat (Jabar) Athalia Praratya Ridwan Kamil.

"Keberadaan Galeri Dekranasda ini sebagai wadah memperluas pasar produk-produk kerajinan yang ada di Kota Bekasi, terutama produk unggulan UMKM yang menonjolkan nilai-nilai daerah," kata Athalia usai peresmian di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Dia mengatakan Dekranasda Kota Bekasi memiliki peran penting dan strategis dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif, sekaligus menjadi elemen penggerak industri kerajinan.

"Dekranasda juga berperan sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan kerajinan khas lokal yang semakin bermutu dan berkualitas, serta mampu bersaing dengan produk lain," kata Athalia.

Baca juga: Puluhan pelaku usaha ikuti kegiatan bazar UMKM Jabar Juara di Bekasi

Athalia berharap Dekranasda mampu berkontribusi membangun perekonomian daerah melalui pengembangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Semoga para pelaku UMKM di Kota Bekasi ini bisa terus mengembangkan usaha serta mampu menjadi penopang perekonomian daerah," ucapnya.

Ketua Dekranasda Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto mengatakan Dekranasda memiliki peran penting untuk menanamkan kesadaran masyarakat pentingnya kerajinan dalam mengembangkan identitas budaya, serta memperhatikan dan memperjuangkan pengusaha kecil, perajin, dan seniman.

"Dengan demikian para perajin akan semakin terpacu untuk berkreativitas, sehingga di satu sisi kesejahteraan pelaku IKM/UKM meningkat, dan di sisi lain warisan budaya yang mencirikan Kota Bekasi akan tetap lestari. Galeri ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Kota Bekasi maupun luar Kota Bekasi," katanya.

Wiwiek juga mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk lokal dengan membelinya. 

Baca juga: UMKM Jabar Juara Kota Bekasi ikuti pelatihan pembayaran digital
Baca juga: Pusat oleh-oleh kreasi 90 UMKM Bekasi resmi dibuka

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022