Jakarta (ANTARA) - Tim tenis beregu putra Indonesia mengambil sisi positif setelah kalah telak dari Polandia pada babak pertama Piala Davis 2022 Grup II Dunia.

Dalam pertandingan yang bergulir selama dua hari di Hala Widowiskowo Sportowa, Inowroclaw, Polandia, 16-17 September, skuad Merah Putih kalah dengan skor 0-5.

Meski begitu, Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP Pelti Sutikno Muliadi yang menjadi kapten tak bermain mengatakan pertandingan di Polandia menjadi pengalaman, khususnya untuk pemain muda.

"Bersyukur semua bisa bermain dan mendapat pengalaman yang bagus," ujar Sutikno melalui pesan singkat kepada pewarta, Minggu.

Baca juga: Menunggu Tim Davis Indonesia bikin kejutan di Polandia

Hal senada juga diungkapkan petenis andalan Indonesia Christopher Rungkat dalam akun resmi Instagram, hari ini.

Dia mengaku bangga mendapat kesempatan mewakili Indonesia di Piala Davis. "Bangga dengan upaya yang telah dilakukan para pemain dan seluruh tim," kata Christo, sapaan akrab Christopher Rungkat.

"Kami kalah melawan tim yang lebih baik. Tetapi banyak pengalaman yang diperoleh para pemain. Terakhir, terima kasih Polandia telah menjadi tuan rumah yang hebat dan ramah. Sampai jumpa di lain kesempatan," ujarnya menambahkan.
 

Pada pertandingan melawan Polandia, skuad Merah Putih menurunkan lima pemain dengan tiga di antaranya adalah petenis muda debutan yakni Tegar Abdi Satrio Wibowo, Lucky Candra Kurniawan, dan Nathan Anthony Barki. Sisanya ada Chistho dan M. Rifqi Fitriadi.

Indonesia tertinggal sejak awal setelah Nathan kalah dari Kamil Majchrzak dengan skor 0-6, 0-6 pada hari pertama.

Kemudian hasil serupa juga diraih Rifqi yang tak mampu berbuat banyak melawan Olaf Pieczkowski hingga akhirnya kalah dengan 5-7, 0-6.

Baca juga: Tim Davis Cup Indonesia tantang Polandia di babak pertama Grup II

Indonesia akhirnya dipastikan kalah dari Polandia setelah pada nomor ganda Nathan/Christo kalah dari Lukasz Kubot/Jan Zielinski dengan 3-6, 4-6.

Meski begitu, dua pertandingan tersisa tetap berlanjut. Dua pemain debutan Tegar dan Lucky mendapat kesempatan tampil.

Namun keduanya tak berkutik menghadapi wakil Polandia. Tegar kalah dari Kamil Majchrzak dengan 0-6, 1-6, sementara Lucky takluk dari Olaf dengan 4-6, 2-6.

"Semua petenis telah bermain sesuai dengan kemampuan terbaik mereka, tapi kualitas lawan memang jauh di atas tim Indonesia," ujar Sutikno

Adapun dengan kekalahan ini membuat Christo dan kawan-kawan harus melakoni playoff untuk bisa bertahan di Grup II.

Indonesia akan bergabung dengan negara yang kalah di babak pertama dan 12 tim promosi dari Grup III Zona Asia, Eropa, dan Amerika.

Baca juga: Zverev keluar dari tim Piala Davis dan bakal absen hingga akhir musim
Baca juga: Pelti bakal kembali gelar turnamen ITF di Jakarta pada akhir Oktober

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022