Kita akan kejar untuk menjadi daerah atau provinsi yang bisa sebanyak 15 kali berturut-turut meraih opini WTP dari BPK
Jambi (ANTARA) - Provinsi Jambi meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan karena selama 10 tahun berturut-turut mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berusaha untuk mempertahankan akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi," kata Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di Jambi, Senin.

Pencapaian 10 kali opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi periode 2012 hingga 2021 itu menunjukkan Provinsi Jambi mampu mempertahankan akuntabilitas pengelolaan keuangannya.

Abdullah Sani berterima kasih kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah berusaha mempertahankan akuntabilitas pengelolaan keuangannya.

"Selanjutnya, kita akan kejar untuk menjadi daerah atau provinsi yang bisa sebanyak 15 kali berturut-turut meraih opini WTP dari BPK demi menjaga akuntabilitas keuangan yang baik," katanya.

Jambi menjadi salah satu daerah yang meraih penghargaan Kementerian Keuangan atas capaian opini WTP dari BPK minimal 10 kali berturut-turut.

Penghargaan diberikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan diterima Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, pada akhir pekan.

Penghargaan WTP ini merupakan salah satu agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tentang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022, yang mengangkat tema "Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Rakernas tersebut merupakan salah satu upaya berkesinambungan untuk menyatukan komitmen dan membangun sinergi antarpihak terkait dalam rangka meningkatkan tata kelola, akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan keuangan negara, baik di lingkungan pemerintahan pusat maupun daerah.

Baca juga: Raih 14 kali WTP, Banda Aceh terima penghargaan Menkeu
Baca juga: Sleman terima penghargaan capaian 10 kali WTP dari Pemerintah RI
Baca juga: Sri Mulyani: RI mampu jaga akuntabilitas uang negara di masa krisis

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022