Jakarta (ANTARA) - Presiden ICRC Peter Maurer mengatakan, China telah memberikan dukungan besar bagi visi ICRC karena konsisten mendukung Konvensi Jenewa dan pekerjaan kemanusiaan.

"Melalui keterlibatan China di seluruh dunia, saya rasa ada pengakuan yang lebih sadar bahwa hukum humaniter internasional dan aksi kemanusiaan adalah sebuah kontribusi terhadap stabilitas yang akan memungkinkan pembangunan yang lebih baik ke depannya. Dan saya merasa sangat senang melihat kebijakan China yang lebih proaktif di panggung internasional," katanya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Xinhua di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-77.

China sebagai salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB selain Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat, menjadi "lebih proaktif" dalam mendukung hukum dan prinsip kemanusiaan internasional, tutur Maurer.

"China sangat mendukung beberapa resolusi signifikan di Dewan Keamanan tentang infrastruktur yang vital dan rehabilitasi layanan sosial dasar," imbuhnya.

Maurer mengatakan dirinya menantikan lebih banyak kerja sama lagi dengan China, yang memiliki kapasitas infrastruktur kuat dan pengalaman bantuan bencana.

"Pekerjaan kami semakin banyak mengenai bagaimana membawa sistem sosial dasar, kesehatan, air, dan sanitasi agar berfungsi baik. Secara konkret, saya pikir China memiliki kapasitas yang sangat besar untuk membantu rehabilitasi infrastruktur," papar Maurer.





 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022