Magelang (ANTARA) - Ketua Panitia Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan di Kabupaten Magelang Muchammad Yasin Awan Wiratno mengatakan antusiasme warga mendaftar sebagai calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan di Bawaslu Kabupaten Magelang cukup tinggi.

Yasin di Magelang, Senin, menyebutkan sebanyak 270 orang telah mendaftar sebagai calon Panwaslu kecamatan di Bawaslu Kabupaten Magelang. Pendaftaran sesuai jadwal ditutup pada Selasa (27/9).

"Kebutuhan Panwaslu kecamatan sebanyak 63 orang atau tiga orang setiap kecamatan di 21 kecamatan," katanya.

Menyinggung perwakilan perempuan dalam pendaftaran tersebut, dia menyampaikan jika ditilik per kecamatan ada beberapa yang belum terpenuhi, antara lain di Kecamatan Muntilan dan Pakis.

"Harapan kami pada sisa waktu pendaftaran bisa terpenuhi," katanya.

Ia menuturkan di setiap kecamatan setidaknya ada enam pendaftar dengan memperhatikan pendaftar perempuan. Jika sampai batas akhir ternyata tidak ada pendaftar perempuan maka harus ada perpanjangan pendaftaran.

"Namun bila dalam perpanjangan tetap tidak terpenuhi maka penahapan diteruskan sesuai jadwal," katanya.

Berdasarkan pengecekan awal, katanya sebagian pendaftar belum pernah sebagai penyelenggara pemilu, baik di tingkat kecamatan, desa maupun TPS.

Namun, sebagian ada yang telah beberapa kali menjadi penyelenggara seperti sebagai Panwascam, panitia pengawas lapangan, pengawas TPS, petugas KPPS, PPS, dan PPK.

Ia menjelaskan setelah pendaftaran ditutup, selanjutnya akan dilakukan verifikasi. Seperti umur minimal 25 tahun, tingkat pendidikan yang dibuktikan dengan ijazah, surat keterangan sehat dan lainnya. ***2***

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022