Jakarta (ANTARA) - Intel menghadirkan konsep Personal Computer (PC) yang unik dengan tampilan "Slideable" dalam ajang Intel Innovation Day 2022.

Perangkat konsep itu merupakan hasil kolaborasi Intel dan Samsung yang menghadirkan perangkat itu nampak sangat futuristik tak kalah menariknya dengan gawai asli besutan Samsung yaitu "Foldable".

"Kami mengumumkan layar geser 17 inci pertama di dunia untuk PC. Perangkat ini akan memenuhi berbagai kebutuhan akan layar yang lebih besar dan juga portabilitas," kata CEO Samsung Display JS Choi yang muncul memamerkan perangkat tersebut seperti dikutip dari The Verge, Rabu.

Baca juga: Intel perkirakan kuartal suram karena ketidakpastian rantai pasokan

Intel dengan cepat mendemonstrasikan perangkat lunak Unison barunya di layar ini, yang bertujuan untuk menghubungkan komputer yang didukung Intel ke ponsel pintar termasuk iPhone.

Perangkat prototipe yang dipamerkan Samsung Display dan Intel itu pada dasarnya mengubah tablet berukuran 13 inci menjadi PC 17 inci dengan layar fleksibel dan mekanisme geser.

Intel sebenarnya telah bereksperimen dengan banyak bentuk baru PC selama bertahun-tahun.

Awalnya Intel sudah mempersiapkan layar ganda di masa depan yang dapat dilipat sebelum Microsoft membatalkan rencananya untuk Windows 10X untuk perangkat "foldable".

Dengan adanya konsep PC "slideable" tersebut, Intel harus berusaha keras memoles perangkat lunaknya menjadi sangat menarik agar perangkat ini bisa terwujud dan memuaskan.

Saat ini karena masih berwujud konsep, PC tersebut belum tersedia di pasaran.

Namun tentunya pengembangan produk futuristik ini menjadi semakin dinanti untuk diwujudkan dan dipasarkan bagi para penggemar teknologi.

Baca juga: Lintasarta berikan pelatihan digital tersertifikasi Microsoft di NTT

Baca juga: Laptop gaming MSI dengan prosesor Intel seri HX hadir di Indonesia

Baca juga: Intel akan jadi pembuat chip untuk MediaTek

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022