Jakarta (ANTARA) - Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan mendorong milenial melukis mural guna mencegah aksi vandalisme di tembok luar Taman Margasatwa Ragunan.

"Kegiatan ini gerakan kepedulian untuk mengajak dan edukasi kepada masyarakat untuk tidak vandalisme khususnya di tembok area wisata, fasilitas umum dan sebagai wadah kreatifitas pada seniman muda," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Ali menuturkan pada bagian tembok luar Taman Margasatwa Ragunan sempat rusak dan kotor akibat aksi vandalisme yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Ia menyayangkan tembok sekitar Ragunan yang merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Jakarta menjadi kurang sedap dipandang mata dan kurang kebersihannya di area lingkungan seputar kawasan itu.

Karena itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan perlu melakukan langkah kongkrit untuk meremajakan tembok sekitar Taman Margasatwa Ragunan, yakni dengan kegiatan yang melatih kreativitas seperti mural.

"Selain untuk memperindah, lewat gerakan ini kami ingin menggerakkan warga sekitar untuk ikut ambil bagian menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya," tuturnya.

Baca juga: Kelurahan di Jaksel kampanyekan pencegahan COVID-19 lewat mural
 
Karya mural para seniman muda di depan Kantor Kelurahan Ragunan, Jakarta, Rabu. (28/9/2022) ANTARA/HO-Kelurahan Ragunan

Pengelola Acara (Event Organizer) Milenial Berkarya Sejahtera, Annisa Nurrizti berharap dengan adanya kegiatan ini anak muda bisa menyalurkan kegiatan positif dalam bidang kesenian.

"Kami harap dengan menghadirkan karya seni salah satunya dengan teknik lukisan mural dapat memberikan pesan positif bagi siapapun yang melihat," ujar Annisa.

Pengelola Acara Milenial Berkarya Sejahtera berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Walikota Jakarta Selatan, pengelola Taman Margasatwa Ragunan, seniman muda mural, dan elemen masyarakat.

Gerakan Mural Tembok Luar Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan ini bertema "Dari Jakarta untuk Indonesia" dengan konsep flora, fauna dan konservasi.

Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 28 sampai 30 September 2022, pukul 08.00-16.00 WIB yang dimulai dari tembok dekat pintu utara Taman Margasatwa Ragunan di Jalan Saco atau tepatnya depan Kantor Kelurahan Ragunan.
Baca juga: PPSU Tebet Timur hiasi Terowongan Cawang dengan mural
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022