Kapuas Hulu (ANTARA) - Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Erlinawati mengajak kaum muda untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari guna meningkatkan rasa nasionalisme demi keutuhan NKRI terutama di daerah perbatasan.

"Di tengah perkembangan teknologi saat ini sangat penting bagi kaum muda mengamalkan Pancasila, karena sebagai benteng dalam mempertahankan keutuhan NKRI dengan ideologi Pancasila," kata Erlinawati, dihubungi ANTARA dari Putussibau, Kapuas Hulu, Sabtu.

Dia mengatakan, Kalimantan Barat memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, sehingga kaum muda memiliki nilai strategis dalam memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Menurut anggota DPD RI daerah pemilihan Kalimantan Barat itu, nilai-nilai luhur Pancasila juga perlu ditanamkan sedini mungkin khususnya di kalangan pelajar dan perlu peranan semua pihak, baik itu guru di sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Menurut dia lagi, Pancasila sendiri hakikatnya merupakan suatu jalan pikiran dan dasar falsafah hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sendiri merupakan kepribadian bangsa Indonesia sejak dahulu yang terus berkembang hingga saat ini.

"Sehingga makna dari kesaktian Pancasila adalah Pancasila sebagai Dasar Negara dan tidak boleh diubah oleh siapapun," katanya menegaskan.

Dalam berbagai kesempatan juga dia mengaku telah mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ke semua kalangan khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Karena itu, dia mengajak semua pihak turut serta berperan menanamkan wawasan kebangsaan dengan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

"Jangan biarkan sekelompok orang tertentu merusak rasa persatuan dan kesatuan bangsa, Pancasila tidak boleh digantikan oleh apapun sebagai ideologi bangsa Indonesia," kata Erlinawati.

Baca juga: MPR ajak elemen bangsa mengamalkan Pancasila

Baca juga: Mahfud MD ajak meningkatkan penghayatan nilai-nilai Pancasila

Baca juga: Ketua DPR bacakan ikrar di upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022