Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun, mengajak seluruh insan pengayoman di instansi tersebut untuk menjadi contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

"Mari bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju serta mewujudkan cita cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia," kata dia, pada upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, di Manado, Senin.

Baca juga: Kemenkumham Sumsel ajak perusahaan hormati hak masyarakat lokal

Pada saat itu dia juga membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, yang mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” berharap Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

“Dan kita harus terus memperkuat Pancasila yang sampai saat ini menjadi pedoman kita untuk dapat hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi,” kata Lumbuun.

Baca juga: Yasonna Laoly sebut perubahan iklim ikut mengancam HAM

Ia mengatakan, Pancasila itu sakti karena merupakan media pemersatu bangsa yang di dalamnya terkandung nilai-nilai toleransi, harmonisasi dan bersifat terbuka mengikuti perkembangan jaman.

Mengajak kepada jajaran untuk selalu mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila dan diaktualisasikan dari generasi ke generasi supaya pemahaman ini tidak berhenti di satu generasi saja.

Baca juga: Pengungsi dari mancanegara, antara kebijakan dan kemanusiaan

“Mari kita wujudkan agar Pancasila dapat menyatu dalam gerak nadi dan derap kehidupan masyarakat Indonesia serta pemicu semangat untuk menjadikan bangsa dan negara Indonesia menjadi Bangsa yang bersatu, berdaulat, cerdas, produktif menuju Indonesia Emas,” katanya.

Hadir pada saat itu para kepala divisi, pejabat administrator, pejabat pengawas, pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023