Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Jambore Ibu Pertiwi yang merupakan program pembangunan karakter dorong siswa sekolah dasar (SD) menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Jambore nasional Ibu Pertiwi ini menjadi ajang atau panggung bagi para peserta didik dan guru untuk menampilkan karya kreatif siswa yang merupakan hasil implementasi dari program Ibu Pertiwi selama satu tahun ajaran ini,” ujar Direktur Pelajar Berkreasi, Natalina Rimba, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Sejumlah aktivitas dilakukan dalam kegiatan Jambore itu, yakni pembuatan karya seni, kegiatan permainan Ular Tangga Pancasila, pameran karya kreatif siswa bertema Pancasila, diskusi kelompok terpumpun, presentasi karya (proyek kreatif siswa), presentasi dari hasil diskusi kelompok terpumpun.

Kegiatan yang diselenggarakan sepanjang Januari hingga Juni 2024 tersebut, kata dia, akan menjadi wadah bagi siswa sekolah dasar untuk bersosialisasi, berkreasi, dan berprestasi.

Baca juga: Menpora: Pembangunan pemuda tingkatkan kualitas dan karakter bangsa

Baca juga: Khofifah sebut guru bahasa daerah ujung tombak pembangunan karakter


“Ini merupakan satu rangkaian program Pelajar Berkreasi yang digerakkan oleh Mentari Group untuk memperkuat karakter siswa secara berkelanjutan. Jambore Ibu Pertiwi menjadi kegiatan aktualisasi dari pembelajaran karakter melalui program Ibu Pertiwi terbitan ASTA Ilmu Sukses, salah satu unit layanan Mentari Group,” kata dia lagi.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Tarumanagara, Dr Kurnia Setiawan, mengatakan Jambore Ibu Pertiwi bertujuan untuk bisa saling berbagi kebaikan, saling berbagi pembelajaran dan proses yang telah dilakukan dari penerapan nilai-nilai Pancasila.

“Dalam proses pengumpulan karya dapat dibuat dengan cara sederhana hasil dokumentasi saat berkegiatan dan dilengkapi dengan contoh implementasinya di dalam kreasi siswa ketika menggunakan buku Ibu Pertiwi di sekolah,” kata Kurnia.

Kegiatan jambore dilanjutkan dengan pengumpulan karya peserta yang berlangsung dari 31 Januari hingga 18 Mei 2024, dan akan ditutup dengan puncak Jambore pada 08 Juni 2024 yang berlokasi di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat.

Ibu Pertiwi merupakan buku pembelajaran karakter untuk siswa sekolah dasar yang diterbitkan oleh ASTA Ilmu Sukses. Ibu Pertiwi menghadirkan pembelajaran yang menggambarkan profil Pelajar Pancasila, yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bergotong Royong, Berkebinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Kreatif.*

Baca juga: BPIP: Bangsa merdeka, bangsa yang berhasil membangun karakter

Baca juga: Kemenko PMK tekankan pentingnya peran PAUD dalam pembangunan SDM


Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024