Jakarta (ANTARA) - Salah satu perusahaan rintisan sektor pariwisata, "hotelmurah.com" menggulirkan program menggratiskan biaya tagihan listrik kepada 500 masjid dan mushola setiap bulan yang diambil dari hasil keuntungan perusahaan.

“Alhamdulillah sebagai startup (perusahaan rintisan) kami bisa tumbuh, berkembang, dan memiliki net profit ukup besar, jadi sebagai rasa syukur, kami memberikan sebagian keuntungan perusahaan untuk membayarkan listrik masjid atau mushola,” kata CEO hotelmurah.com, Ari Sudradjat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa

Baca juga: Pemprov Kaltara beri bantuan listrik gratis pada 50 keluarga miskin

Ari menjelaskan program ini dipilih berdasarkan pertimbangan perusahaan tidak semata-mata hanya mencari keuntungan semata, namun juga bisa memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat, bentuknya bisa berupa apa saja salah satunya listrik gratis bagi masjid atau mushola.

Menurut Ari, untuk mendaftar program listrik gratis ini caranya sangat mudah, cukup memasukkan ID Pelanggan PLN pascabayar dan nomor telepon seluler melalui aplikasi atau web hotelmurah.com.

“Nantinya sistem kami akan mengecek, jika nama pelanggan tersebut adalah masjid atau mushola maka bisa mendaftar. Namun jika bukan masjid atau mushola maka akan langsung ditolak oleh sistem,” ujar Ari.

Untuk pendaftaran dibuka mulai 1-9 Oktober 2022 dan tidak perlu persyaratan, nanti 500 masjid atau mushola yang mendapatkan gratis tagihan listrik bisa dilihat pendaftaran sejak 10 Oktober di laman hotelmurah.com.

“Kami akan membayarkan tagihan listrik masjid atau mushola ini setiap bulan selama tahun 2022,” tutur Ari.

Mengenai dana yang dialokasikan, Ari hanya menyebut jumlah tagihan listrik masing-masing masjid atau mushola berbeda-beda, dan setiap bulan pun belum tentu sama dengan tagihan bulan sebelumnya.

Baca juga: PLN alirkan listrik terangi 750 keluarga kurang mampu di Jawa Tengah

“Jadi tidak ada jumlah dana yang pasti berapa yg akan dikucurkan, namun kami berkomitmen akan membayarkan semua tagihan listrik 500 masjid dan mushalla ini setiap bulan,” ucap Ari.

Selain membayarkan tagihan listrik untuk 500 masjid atau mushola, sebelumnya hotelmurah.com juga memiliki program gratis biaya administrasi bagi semua tagihan listrik masjid dan mushola yang dibayarkan melalui aplikasi.

Diakui Ari, saat ini hotelmurah.com berniat untuk membayarkan listrik untuk 500 masjid atau mushola, namun nanti selama perjalanannya akan melakukan evaluasi juga terkait hasilnya.

“Kami berharap program ini akan menjadi program tahunan," kata Ari.

Perusahaan startup hotelmurah.com beroperasi sejak akhir 2017. Awalnya hanya menawarkan pemesanan hotel, namun berdasarkan kebutuhan dari pelanggan, hotelmurah mulai menjual produk lain, seperti tiket pesawat, kereta api, pulsa, paket data, listrik, game, dan produk-produk lainnya.

Selain hotel, tiga produk yang sering dibeli oleh pengguna adalah pembayaran listrik/ token listrik, pembelian pulsa dan pembelian paket data internet.

Baca juga: PLN NTT: 1.899 KK dapat sambungan listrik gratis hingga Desember 2021

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022