Jakarta (ANTARA) - Kegiatan berbuka puasa bersama di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, diprioritaskan untuk warga sekitar masjid yang secara ekonomi tergolong kurang mampu.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Sub Bidang Pendidikan, Achmad Sauri di Jakarta, Kamis, 
menyebut buka puasa tersebut diikuti warga sekitar masjid mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu musafir, Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) dan keamanan masjid. Kuota yang disediakan untuk 200 orang.

"Tujuan kegiatan untuk bantu umat sekitar Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari yang puasa, yang dari segi ekonomi kurang mampu, juga para musafir, agar pada waktunya bisa buka puasa," kata Achmad.

Baca juga: Jamaah padati Masjid KH Hasyim Asy'ari pada hari pertama Tarawih

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari mengadakan kegiatan buka puasa bersama dari awal sampai akhir Ramadhan. Adapun menu yang disajikan berupa makanan ringan dan berat yang dikemas dalam masing-masing kotak.

"Untuk makanan ringan atau takjil lontong, kue pastel, kurma, es buah dan puding. Sedang makanan berat nasi kotak dengan menu daging ayam, sayur, perkedel, tempe dan plus buah," kata Achmad.

Joko (45), salah satu warga yang ikut buka bersama menyebutkan bahwa kegiatan puasa bersama tersebut membantu warga.

"Saya buka bersama di masjid ini dari awal puasa. Ini sangat membantu warga atau umat yang berpuasa dan ingin buka puasa dengan takjil plus menu yang enak," kata Joko.

Baca juga: Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari gelar shalat Tarawih kapasitas maksimal

Masjid KH Hasyim Asy'ari merupakan masjid yang berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektare (ha) dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi (m2).

Masjid yang memiliki daya tampung hingga 12.000 lebih jamaah tersebut memiliki arsitektur bangunan yang dilengkapi dengan sentuhan khas Betawi. Yakni ornamen gigi balang serta dilengkapi lima menara yang melambangkan Rukun Islam.

Masjid yang terletak di dekat Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Daan Mogot atau kerap disebut Rusun Pesakih ini dikelilingi ruang terbuka hijau.

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024