Jakarta (ANTARA) - Ketua panitia kurban Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari 2023,  Zaelani mengaku senang dengan bertambahnya jumlah hewan kurban hari raya Idul Adha 1444H yang meningkat dari tahun lalu.

Jumlah hewan kurban masjid yang dibangun di lahan seluas 2,4 hektare itu pada tahun ini berjumlah 10 ekor yang terdiri atas tujuh ekor sapi dan tiga ekor kambing, meningkat dari tahun lalu yang hanya menyembelih empat ekor sapi.

“Tahun kemarin cuman empat ekor. Alhamdulillah semakin mendapat kepercayaan dari lembaga, alhamdulillah,” ucap Zaelani, ketika ditemui saat di penyembelihan hewan kurban di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Sapi milik Heru Budi Hartono disembelih pertama di JIC

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kurban satu ekor sapi berjenis Limosin dengan berat 1,17 ton pada tahun ini.

Enam penyumbang hewan kurban sapi di Masjid Raya KH Hasyim lainnya adalah dua dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Sela8n itu, satu dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Karyoto, satu dari Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Barat M Syahduddi, satu dari Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, dan satu dari Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Cengkareng Hasoloan Situmorang.

“Jumlah hewan sapi kurban ada tujuh. Satu dari Presiden, dua dari Kapolri, satu dari Kapolda, satu dari Kapolres, Wali Kota, dan terakhir dari Kapolsek Cingkareng,” ucap Zaelani.

Selain sapi, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari juga menyembelih tiga ekor kambing yang berasal dari Bank DKI Syariah KCP Taman Palem, Ir H M Bahaudin, dan Rohis Karyawan Mall Matahari Daan Mogot.

Menurut Zaelani, dengan bertambahnya hewan kurban ini sangat bermanfaat agar pembagian daging kurban kepada masyarakat setempat semakin merata.

“Alhamdulillah ya berkat kerja sama semua, kita kan berbuat begini untuk masyarakat semua. Supaya masyarakat di sekitarnya dapat menikmati. Jangan hanya mendapatkan baunya kurban, tapi juga menikmati,” ucap Zaelani yang juga menjadi ketua panitia kurban di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari pada tahun lalu tersebut.

Ungkapan sama juga dikatakan oleh Faruq Rahman sebagai salah satu panitia kurban Masjid KH Hasyim Asy’ari tahun ini.

“Mudah-mudahan bisa lebih banyak yang mendapat. Karena kan kita RW yang ada di sekitar sini, rusun juga kan belum maksimal. Jadi, harapannya mudah-mudahan semakin banyak, semakin bisa merata yang kita bagikan, dan semakin banyak manfaatnya,” ucap Faruq Rahman.

Baca juga: Sebanyak 76 hewan kurban disembelih di Masjid Agung Sunda Kelapa

Baca juga: Ketua MUI sebut Idul Adha momen teladani ketaatan dan pengorbanan


Adapun, untuk pembagian, Zaelani menjelaskan pihaknya akan membagikan daging kurban tersebut sebanyak 300 paket kepada warga sekitar dan juga kepada remaja pegiat aktivitas masjid.

“Ada tiga RW di sini, kurang lebih ada 300 didistribusikan, ada sekitar 300 paket. Sisanya warga juga, orang-orang yang berkegiatan. Dari marawis, remaja, dan lain sebagainya yang mendukung kegiatan di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari,” ucap Zaelani.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023