Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Johannes Harijanto yang dikenal dengan nama panggung Yowha merilis album perdananya berjudul "It's Crowded Up Here" yang menghadirkan beragam warna dari setiap lagu yang sangat personal baginya.

"Akhirnya album ini bisa rampung dari suara-suara yang enggak diundang berseliweran di pikiran aku tanpa tahu tempat dan waktu, yang sering kali aku tulis cuma dari notes HP dan kertas," ujar Yowha dikutip dari keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

"It's Crowded Up Here" berisi delapan buah karya. Track kelima berjudul "Don't You Think So?" yang merupakan kolaborasi Yowha dengan Will Mara dipilih sebagai lagu utama di album tersebut.

Yowha bercerita bahwa melalui lagu tersebut, dia berusaha membagikan perspektifnya dalam melihat suatu hubungan, yang juga menggambarkan salah satu keresahan dalam pikirannya.

"Lagu ini menceritakan perbedaan perspektif seseorang dalam melihat suatu hubungan. Aku rasa semua orang berhak tau dengan jelas tujuan dari sebuah hubungan yang sedang dijalani," jelasnya.

Selain berkolaborasi dengan Will Mara, Yowha juga turut menggandeng produser-produser musik lain seperti Clevt dan Kevin Ruenda dalam memproduksi album perdananya. Dia juga bekerja sama dengan Ivan Gojaya dan Roemah Iponk dalam perancangan musik di album tersebut.

Dengan merilis album perdananya yang begitu personal, Yowha berharap karyanya mampu mewakili perasaan setiap para pendengarnya.

“Di album perdana, aku ingin sekali orang-orang merasa terwakilkan perasaannya lewat apa yang aku tulis," katanya.

"It's Crowded Up Here" telah dapat dinikmati di seluruh platform streaming digital bersamaan dengan video lirik yang diunggah di kanal YouTube resmi Yowha.

Baca juga: Yowha rilis ulang single kolaborasi bersama Clevt berjudul "Go Blind"

Baca juga: Yowha rilis ulang karya terdahulu dengan kemasan baru

Baca juga: Le Sserafim akan rilis EP baru bulan depan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022