Selama pelaksanaan Festival Al Azhom yang dilaksanakan pada tanggal 23 September hingga 5 Oktober 2022, totalnya ada sebanyak 35.000 pengunjung yang hadir
Tangerang, Banten (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Provinsi Banten, Kaonang menyatakan pameran artefak Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) yang dihadirkan dalam Festival Al Azhom menjadi magnet baru untuk mendatangkan pengunjung.

"Selama pelaksanaan Festival Al Azhom yang dilaksanakan pada tanggal 23 September hingga 5 Oktober 2022, totalnya ada sebanyak 35.000 pengunjung yang hadir," katanya di Tangerang, Kamis (6/10).

Ia menambahkan Festival Al Azhom yang kegiatannya baru selesai Rabu (5/10) malam berlangsung sukses karena berhasil menarik pengunjung dari luar daerah.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Panitia Festival Al Azhom, ada pengunjung yang datang dari Tegal, Pemalang dan daerah lainnya. 

"Ini merupakan bukti kerja keras semua pihak dan masyarakat membutuhkan hiburan selama dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19. Ini berlangsung meriah," katanya.

Kaonang berharap ke depannya masyarakat bisa terus ikut partisipasi dalam ajang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang karena jadi momen kebangkitan pariwisata.

Ketua Panitia Festival Al Azhom Abdul Basit mengatakan Festival Al Azhom tidak hanya memberikan hiburan dan edukasi religi kepada masyarakat.

"Tetapi juga membuka peluang kepada pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Berdasarkan catatan panitia, kata dia, omzet penjualan dari para pedagang selama Festival Al Azhom berlangsung mencapai Rp2,5 miliar. 

"Kami sampaikan apresiasi kepada Pemkot Tangerang, pondok pesantren dan masyarakat yang sudah ikut memeriahkan acara ini," demikian Abdul Basit.
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022