Proses pengolahan limbah tidak dilakukan sembarangan, melainkan di lahan kosong yang telah disediakan secara khusus,
Tangerang, Banten (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Provinsi Banten memastikan limbah dari hasil pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Al Azhom tidak dibuang sembarangan, tetapi telah disiapkan tempat khusus sehingga tidak mencemari.

"Proses pengolahan limbah tidak dilakukan sembarangan, melainkan di lahan kosong yang telah disediakan secara khusus,” kata Tim Monitoring Kesehatan Hewan Kurban Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, drh. Nurul Asila di Tangerang, Jumat,

Ia menambahkan hasil proses check and recheck kesehatan terhadap hewan kurban, tidak ditemukan adanya kecacatan, kelainan, dan potensi penyakit yang dikandungnya.

"Prosesnya, ada pemeriksaan sebelum hari H di beberapa hari sebelumnya, selanjutnya ada pemeriksaan lanjutan pasca penyembelihan untuk memeriksa daging dan jeroan," kata Nurul Asila.

Baca juga: Awasi hewan kurban sakit DKP Tangerang bentuk satgas

Baca juga: Perdagangan hewan kurban kota Tangerang mencapai 9.105 ekor



Ketua Harian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang, Chaeruddin mengatakan Idul Adha di Masjid Raya Al-Azhom tahun 2023 ini terlihat lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, pada tahun ini sudah tidak lagi terdapat pembatasan sosial seperti di masa pandemi kemarin. Namun, untuk jumlah hewan kurban sendiri, Masjid Raya Al-Azhom mengalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini jumlah hewan kurban di Masjid Raya Al-Azhom mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. Tercatat, pada tahun ini terdapat 15 sapi dan 9 kambing. Namun, penurunan ini bukan karena tingkat partisipasi masyarakat yang menurun, melainkan khusus di tahun ini terdapat distribusi pembagian ke tiap kecamatan di Kota Tangerang,” demikian Chaeruddin .

Baca juga: Galeri Islam Al-Azhom Menyediakan Al-Quran Braile

Baca juga: Masjid Al-Azhom dilengkapi ATM Beras karya lulusan UI

Baca juga: Pameran Artefak Rasulullah magnet pengunjung di Festival Al Azhom

Baca juga: Enam negara bersaing di MTQ Antara Bangsa Festival Al Azhom

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023