Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Kamis (6/10), mulai dari Jokowi ajak parlemen G20 jadi solusi tantangan global, hingga Kemenpan RB upayakan pemindahan ASN ke IKN tak ada paksaan.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Jokowi ajak parlemen G20 jadi solusi tantangan global

Presiden RI Joko Widodo mengajak parlemen seluruh negara menjadi bagian dari solusi atas berbagai tantangan yang sedang dihadapi secara global.

"Saya mengajak parlemen global untuk dapat menjadi bagian dari solusi, berperan sebagai jembatan, membawa misi perdamaian, membangun dialog dan perundingan, mengedepankan kebersamaan, menghindari perpecahan," kata Presiden Jokowi saat membuka The 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Puan sebut tujuh isu strategis diangkat dalam pertemuan P20

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebutkan tujuh isu strategis yang diangkat dalam pertemuan The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

"Pertama, mitigasi risiko gejolak perekonomian global yang dapat berkepanjangan, sehingga diperlukan respon kebijakan fiskal dan moneter," kata Puan dalam sambutannya pada pembukaan P20 Tahun 2022 di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Menteri ATR: Pemerintah berikan kemudahan investor di IKN

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah memberikan kemudahan untuk investor dalam mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Investor diberikan kemudahan perizinan selama 80 tahun untuk hak guna bangunan (HGB)," katanya dalam diskusi dengan tema sikap publik terhadap program reformasi pertanahan dan perpajakan secara daring di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Puan bertemu Ketua Parlemen Rusia bahas konflik Rusia-Ukraina

Ketua DPR RI Puan Maharani membahas konflik antara Rusia dan Ukraina saat melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia Valentina Matvienko di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.

"Indonesia mendorong agar perang segera dihentikan dan agar dialog dan diplomasi dikedepankan," kata Puan di sela-sela acara the 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Kemenpan RB upayakan pemindahan ASN ke IKN tak ada paksaan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tengah menyelesaikan asesmen untuk rencana pemindahan aparatur sipil negara ke ibu kota negara (IKN) Nusantara yang diharapkan tidak dilakukan dengan paksaan.

"Kami sedang melakukan asesmen terkait hal itu. Namun, total keseluruhan aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan belum dapat kami sampaikan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas di sela kunjungan di Pemerintah Kota Yogyakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022