"Setelah beberapa hari normal meski hujan mengguyur Bogor, saat ini hujan deras di Puncak Bogor sejak membuat tinggi muka air naik,"
Kota Bogor (ANTARA) - Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat yang dialiri Sungai Ciliwung mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 180 cm sehingga berstatus siaga 2 banjir Jakarta pada Minggu (9/10) malam.

Menurut laporan Kepala Petugas jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman di Kota Bogor, Minggu, hujan sedang hingga deras di kawasan Puncak Bogor, Kabupaten Bogor dan hujan sedang hingga di wilayah Kota Bogor sejak sore hari membuat arus Sungai Ciliwung cukup tinggi.

"Setelah beberapa hari normal meski hujan mengguyur Bogor, saat ini hujan deras di Puncak Bogor sejak membuat tinggi muka air naik," kata Andi.

Andi mengimbau warga di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung waspada banjir. Kiriman air dari sungai tersebut diperkirakan akan sampai pada tengah malam.

BMKG memprakirakan pada Minggu (9/10), hujan deras yang turun sejak pukul 15.00 WIB di wilayah Kota Bogor baru akan kembali cerah pada pukul 22.00 WIB.

Andi menyebut status Siaga 2 di Bendung Katulampa dengan ketinggian 180 cm tercatat pada pukul 18.52 WIB.

Kenaikan mulai terjadi pada sore hari pukul 15.00 WIB ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung yakni di Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor. Ditambah, hujan deras juga terjadi di Kota Bogor.

Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, Minggu (14/8) wilayah Puncak Bogor di Gadog, Cibinong, Kabupaten Bogor hingga wilayah Kota Bogor pada pukul 16.00 WIB hujan sedang hingga lebat.

Hujan deras hingga sedang yang bertahan sejak sore dengan intensitas yang naik turun hingga pukul 19.00 WIB ini, cukup membuat air sungai itu cukup deras hingga TMA mencapai siaga 2 banjir Jakarta.

Intensitas hujan sedang ini akan berlanjut hingga pukul 22.00 WIB malam. Barulah kemudian, cuaca di hulu Ciliwung itu mulai cerah. Hal serupa juga terjadi di wilayah Kota Bogor.

Andi tetap mengimbau dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, warga sekitar bantaran Sungai Ciliwung agar waspada terhadap potensi banjir tersebut.

Hal tersebut karena data tinggi muka air di wilayah Gadog, Puncak Bogor masih mengalami kenaikan hingga 150 cm pada pukul 19.00 WIB.

Kondisi tersebut, kata Andi, bisa menyebabkan tinggi muka air sampai ke Bendung Katulampa menjadi siaga 1 sekitar 200 cm banjir Jakarta.

"Dari Gadog naik, waspada banjir warga di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung. Aliran sungai bisa deras sekali," ujarnya.
Baca juga: TMA Bendung Katulampa Bogor siaga 2 banjir Jakarta
Baca juga: Bendung Katulampa Bogor siaga 3 banjir Jakarta malam ini

Baca juga: Petugas sebut tinggi muka air Bendung Katulampa Bogor normal
 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022