Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi resmi melantik Asmawa Tosepu sebagai Pj Wali Kota Kendari menggantikan Sulkarnain Kadir yang berakhir masa jabatannya, pada 9 Oktober 2022.

Proses pelantikan Pj Walikota Kendari itu dilaksanakan di gedung Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra, di Kendari, Senin.

Ali Mazi mengatakan, pelantikan tersebut merupakan tindak lanjut Keputusan Mendagri RI Nomor 131.74-5770 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pj Wali Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, menetapkan Asmawa Tosepu sebagai Pj Wali Kota Kendari.

"Perlu saya sampaikan, pengangkatan dan pelantikan Pj Wali Kota Kendari pada hari ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah periode 2017-2022 yang masa jabatannya berakhir 9 Oktober 2022," ucap Ali Mazi.

Asmawa yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setjen Kemendagri dalam acara pelantikan mengungkapkan, siap dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Pj Wali Kota Kendari periode 2022-2023.

"Siap bersedia," singkat Asmawa dalam prosesi pelantikan itu yang didampingi istri.
 
Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu (tengah) bersama istri saat foto bersama dengan Gubernur Sultra Ali Mazi (kedua kiri) dan Wakil Gubernur Sultra Lukaman Abunawas (kanan) dan wakil Ketua DPRD Sultra Hery Asiku (kiri ) usai dilantik sebagai Pj Walikota Kendari untu periode 1 tahun kedepan 2022-2023 di Aula Merah Putih rumah Jabatan Gubernur Sultra di Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Azis Senong)


Untuk diketahui Asmawa Toseput yang juga putra daerah Sultra itu ditetapkan sebagai Pj Wali Kota Kendari melalui rapat Tim Penilai Akhir atau TPA yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Turut hadir dalam pelantikan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, Wakil Ketua DPRD Sultra Hery Asiku, Pj Sekda Sultra Asrun Lio, Ketua DPRD Kendari Subhan dan para bupati se Sultra serta Forkopimda dan Kepala OPD lingkup Provinsi dan Kota Kendari.

Selain pejabat provinsi, juga hadir mantan Walikota Kendari Sulkarnain Kadir dan wakilnya Siska Karina Imran yang berakhir masa jabatannya 9 Oktober 2022.
 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022