Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyiapkan pekerjaan Switch Over ke-6 di Stasiun Manggarai, Jakarta.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) Rode Paulus mengatakan, saat ini pembangunan Stasiun Manggarai masih dalam tahap satu, di mana pengerjaan hanya untuk penambahan jalur, ruangan layanan dan untuk operasi KRL.

Adapun selanjutnya akan ada pembangunan tahap dua untuk optimalisasi layanan KRL dan KA Jarak Jauh.

“Terkait progress SO-6, akan diupayakan pelaksanaannya pada awal Desember 2022, nantinya akan dilanjutkan dengan tahap pembangunan ke dua untuk persiapan pembangunan SO-7 di Stasiun Manggarai” kata Rode di Jakarta, Senin.

Baca juga: KAI hadirkan layanan vaksinasi di Stasiun Manggarai

Ia menyampaikan, untuk mempersiapkan pekerjaan SO-6 yang akan dilaksanakan akhir November sampai dengan awal Desember, pihaknya telah melakukan penggantian prasarana perkeretaapian berupa wesel jalur rel KA di Stasiun Manggarai.

Pada pelaksanaan SO-6 ini yang akan dilakukan antara lain:
1. Memulai pekerjaan pembangunan jalur 1 dan 2 di Stasiun Manggarai
2. Mengaktifkan jalur 3 dan 4 yang akan digunakan untuk pelayanan perjalanan commuterline dan KA Jarak Jauh
3. Melakukan perluasan area flow transit bagi pengguna yang berada di lantai 1 stasiun

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter, Wawan Ariyanto menyampaikan selama pembangunan Stasiun Manggarai, KAI Commuter akan mengoptimalkan pelayanan perjalanan commuterline di Stasiun Manggarai.

“Pelaksanaan SO-6 Manggarai nantinya akan memberi dampak yang positif dari segi pelayanan perjalanan commuterline, karena akan menambah dua jalur rel KA yang bisa digunakan untuk perjalanan commuterline,” kata Wawan.

Baca juga: KAI Commuter sebut arus penumpang di Stasiun Manggarai semakin membaik

Wawan berharap, nantinya setelah progres pembangunan di Stasiun Manggarai selesai, KAI Commuter akan mampu melayani penggunanya sebanyak 2 juta orang per harinya sesuai dengan program pemerintah.

Dengan adanya SO-6 ini akan memperluas area transit pengguna jasa commuterline, fasilitas lebih optimal dan kapasitas stasiun bisa bertambah, sehingga akan membantu mengurai kepadatan pengguna jasa khususnya di jam sibuk.

"Pembangunan Stasiun Manggarai sejak awal dilakukan dengan tetap melayani perjalanan kereta untuk mobilisasi masyarakat. Oleh karena itu kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama pembangunan ini dan terimakasih terus mendukung adaptasi pola operasi commuterline yang baru," ujarnya.

Ia menambahkan, KAI Commuter terus mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan petugas, memperhatikan petunjuk-petunjuk arah di stasiun, tertib dalam bercommuter dengan mendahulukan pengguna yang akan keluar dari kereta, tidak memaksakan masuk jika kondisi sudah padat.

Mengingat di beberapa wilayah Jabodetabek sudah masuk musim penghujan dengan intensitas sedang bahkan tinggi, KAI Commuter mengimbau utamakan keselamatan siapkan payung, jaket, atau jas hujan saat pergi beraktivitas, serta gunakan alas kaki yang tidak licin untuk keselamatan dan keamanan.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022