Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Senin yang banyak mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari upaya jauhkan anak dari pelaku KDRT agar cegah perilaku agresif hingga peringatan hari kesehatan mental dunia.

Ada pula berita perihal kulit kopi yang dapat menjadi sumber energi terbarukan, serta laporan soal pendeteksi kanker payudara. Berikut rangkuman berita humaniora pada Senin;

1. Jauhkan anak dari pelaku KDRT cegah perilaku agresif kemudian hari

Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Kalimantan Selatan Melinda Bahri S. Psi, Psikolog meminta setiap anak agar dijauhkan dari pelaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) guna mencegah perilaku agresif mereka di kemudian hari.

"Risiko menampilkan perilaku agresif sangat besar dan ironisnya kelak mereka yang menjadi pelaku kekerasan," kata dia di Banjarmasin, Senin.

2. Mengolah limbah kulit kopi menjadi sumber energi terbarukan

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia, karena beragam jenis kopi spesial yang ditawarkan dan memiliki cita rasa yang unik.

Tidak heran banyak petani yang beralih menanam kopi karena komoditas tersebut cukup menjanjikan dan menjadi salah satu komoditas andalan dalam sektor perkebunan di Indonesia.

3. Unand wisuda lima UKM kota Solok lulus program inkubasi terpadu

Universitas Andalas (Unand) Padang mewisuda lima UKM Kota Solok, Sumatera Barat, yang telah menyelesaikan dan lulus mengikuti program inkubasi terpadu berbasis kurikulum dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku usaha.

"Sejak 2020 ada lima UKM yang mengikuti program inkubasi terpadu dan para pelaku usahanya dinilai telah lulus mengikuti program dan diwisuda hari ini," kata Kepala Pusat Science Techno Park Unand Dr Eka Candra Lina di Padang, Senin.

4. Menkes: Seluruh provinsi miliki pendeteksi kanker payudara pada 2024

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pada 2024 seluruh rumah sakit provinsi di Tanah Air bakal memiliki alat pendeteksi dini kanker payudara, yakni mammogram.

"Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, yang punya mammogram di bawah 100 kabupaten/kota," kata Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin.

5. Psikiater: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia momen edukasi kesehatan mental

Dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater) dr. Dian Pitawati, SpKJ mengatakan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober merupakan momen untuk menyuarakan dan mengedukasi pentingnya kesehatan mental bagi seluruh masyarakat dunia.

"Setiap tanggal 10 Oktober itu kita peringati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, peringatan ini untuk menyuarakan, mengedukasi tentang kesehatan mental demi kondisi jiwa yang baik bagi seluruh dunia," kata Dian yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (PDSKJI) itu saat acara bincang-bincang yang digelar virtual, diikuti di Jakarta pada Senin.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022