Jakarta (ANTARA) - Salah satu perusahaan swasta di tanah air mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan praktik teknik alat berat di kalangan siswa maupun mahasiswa.

Terkait hal itu President Director Trakindo Bari Hamami menyatakan jalin kerjasama dengan institusi-institusi pendidikan menggelar Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022 selama 3-10 Oktober 2022.

"Kegiatan ini merupakan partisipasi kami untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktik teknik alat berat, serta pendidikan karakter, sehingga tercipta siswa dan mahasiswa yang adaptif," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Kompetisi yang digelar selama seminggu tersebut diikuti delapan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan enam Politeknik dari Program Studi Teknik Alat Berat.

K3TAB 2022 yang mengangkat tema “Bangkit Lebih Tangguh, Bersama Lebih Unggul” merupakan penyelenggaraan ke-14 untuk tingkat Politeknik dan ke-13 untuk tingkat SMKN.

Menurut Bari, melalui kegiatan ini pihaknya ingin melengkapi pengetahuan dan keterampilan para siswa dan mahasiswa, agar sesuai tuntutan dunia kerja. Selain itu memiliki karakter yang baik, agar setelah menjalani pendidikan, mereka menjadi tenaga kerja siap pakai yang mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat.

Tahun ini, K3TAB kembali berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI Sariyadi memberikan apresiasi untuk penyelenggaraan K3TAB secara konsisten dari tahun ke tahun sebagai upaya melahirkan sumber daya manusia berkualitas melalui pendidikan vokasi.

"Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui Link & Match, saya yakin vokasi makin kuat, para siswa memiliki bekal kompetensi memadai, untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” ujarnya.

Pada kompetisi kali ini SMKN 1 Balikpapan sebagai Juara Umum untuk tingkat SMK, sementara tingkat Politeknik Politeknik Negeri Padang berhasil menjadi juara umum setelah unggul di kategori Keterampilan Teknik.

Sejak diselenggarakan pada 2008, K3TAB menjadi ajang bagi institusi pendidikan yang berpartisipasi untuk meningkatkan kapasitas ilmu dan keahlian praktik para peserta didik, sehingga diperoleh keseragaman dalam penerimaan proses belajar mengajar dan peningkatan kualitas lulusan jurusan Teknik Alat Berat dari setiap institusi pendidikan.

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022