Terima kasih atas dukungan semua. Kami senang tadi warga juga antusias melihat mobil hias Kalimantan Tengah
Sampit, Kalteng (ANTARA) -
Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Kabupaten Kotawaringin Timur tampil sebagai juara I mobil hias pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa.
 
"Hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang dipercaya mewakili Kalimantan Tengah pada Pawai Taaruf MTQ Nasional. Alhamdulillah Provinsi Kalimantan Tengah meraih juara I pada kegiatan ini," kata Bupati Halikinnor dihubungi dari Sampit, Selasa.
 
Pawai taaruf ini dibuka langsung Gubernur Kalsel, Syahbirin Noor alias Paman Birin, didampingi sejumlah pejabat daerah lainnya. MTQ Nasional XXIX ini juga rencananya akan dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo di Martapura, pada Rabu (12/10).

Baca juga: Kafilah MTQ Nasional dijamu di tepi Sungai Martapura
 
Saat pawai taaruf, mobil hias Kafilah Kalimantan Tengah menarik perhatian penonton. Nuansa etnik dan religi dipadukan selaras sehingga menyuguhkan tampilan yang sangat menarik dan berbeda.
 
Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor didapuk tampil menaiki kendaraan hias tersebut. Masyarakat antusias, bahkan banyak yang menyempatkan berfoto ketika mobil hias tersebut melintas lambat di rute yang dilewati.
 
Saat pengumuman, tepuk tangan dan teriakan gembira langsung terdengar ketika diumumkan, bahwa mobil hias Kafilah Kalteng dengan nomor peserta 3 dengan nilai 335 menjadi juara pertama.

Baca juga: Polresta Banjarmasin bagikan SIM gratis untuk ustadz saat MTQ Nasional
 
"Terima kasih atas dukungan semua. Kami senang tadi warga juga antusias melihat mobil hias Kalimantan Tengah," kata Halikinnor.
 
Mobil dihias yang ditampilkan mengusung tema khas Kalteng, seperti banama atau perahu, burung tingang dan huma betang. Ornamen khas Dayak Kalteng dipadukan nuansa Islami seperti kubah dan lainnya.
 
Tim mobil hias dipimpin Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kotawaringin Timur Raihansyah. Menurutnya, tema yang diusung menggambarkan harmonisasi kehidupan beragama di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Pawai taaruf ramaikan MTQ Nasional di Kota Intan Martapura Kalsel
 
“Kami mengusung tema Banama Tingang yang melambangkan serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, kearifan lokal, hingga semangat pantang menyerah. Untuk membawa masyarakat Kalimantan Tengah menuju bumi keberkahan,” kata Raihansyah.
 
Pawai taaruf diikuti 27 kafilah, ditambah dari perwakilan kabupaten/kota dan lembaga serta organisasi di Provinsi Kalsel. Pawai ini menjadi awal rangkaian MTQ Nasional XXIX yang akan dilaksanakan 10-19 Oktober 2022 di depan Kantor Bupati Banjar atau depan lapangan CBS Martapura.
 
Penyelenggaraan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 tersebar di tiga daerah, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. Kegiatan MTQ dilanjutkan malam taaruf di Kota Banjarmasin yang juga diikuti seluruh kafilah pada Selasa malam.
 
Kemudian pada 12 Oktober 2022 akan dibuka Pameran MTQ dan Halal Food di Alun-Alun Ratu Zuleha Martapura, Kabupaten Banjar dan malamnya pembukaan MTQ Nasional XXIX yang rencananya dihadiri Presiden di Kiram Park Kabupaten Banjar.

Pewarta: Norjani/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022