Jakarta (ANTARA) - Club Brugge menahan imbang Atletico Madrid 0-0 dalam laga Grup B Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid pada Rabu tengah malam WIB.

Atletico mendominasi pertandingan dengan membuat 21 peluang gol tetapi penampilan gemilang kiper Brugge Simon Mignolet membuat pertandingan berakhir tanpa gol.

Berdasarkan catatan UEFA, Club Brugge makin kokoh di puncak klasemen Grup B dengan poin 10, sekaligus memastikan lolos ke babak 16 besar. Sedangkan  Atletico menduduki peringkat dua dengan empat poin.

Atletico yang membutuhkan kemenangan bermain menyerang sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan Brugge mengembangkan permainan. Namun, Brugge yang justru membuat peluang pertama pada menit ke-10 lewat Ferran Jutgla, tetapi percobaannya masih melebar.

Tiga menit kemudian giliran Atletico yang mengancam lewat Antoine Griezmann lewat sepakan kaki kirinya dari sudut sempit, tetapi Simon Mignolet menghadang dengan kakinya.

Pada menit ke-19, Griezmann mengirimkan umpan lambung kepada Angel Correa. Pemain Argentina itu memainkan umpan satu dua dengan Koke sebelum menembak ke gawang, tetapi arah bola masih melebar.

Baca juga: PSG berbagi poin dengan Benfica usai bermain imbang 1-1

Atletico sempat mencetak gol pada menit ke-23 setelah Correa menerima umpan terobosan dan lolos dari penjagaan sebelum mengirimkan bola ke tiang jauh yang disontek Saul Niguez. Gol itu dianulr karena Correa terkena jebakan offside.

Dua menit setelahnya Griezmann memiliki kans mencetak gol lagi, tapi lagi-lagi digagalkan Mignolet. Kali ini tandukan penyerang Prancis itu ditepis oleh mantan kiper Liverpool itu yang keluar dari sarangnya.

Brugge yang lebih banyak menunggu mendapat kesempatan menyerang pada menit ke-41 dan nyaris membuahkan penalti saat Tajon Buchanan dilanggar Nahuel Molina. Penalti itu lantas tidak diberikan setelah meninjau VAR karena Buchanan ternyata melanggar Molina lebih dulu.

Pada babak kedua, Atletico masih mendominasi dan bisa mencetak gol pada menit ke-48 lewat Correa memaksimalkan bola muntah sepakan Griezmann. Namun, gol tersebut dianulir lagi karena Correa sudah terjebak offside.

Selepas jeda  Atletico berupaya umenciptakan gol, tetapi pertahanan Brugge yang solid membuat peluang sulit didapat. Sekalipun Diego Simeone memasukkan Alvaro Morata, Yannick Carrasco, dan Matheus Cunha, situasi tidak berubah.

Baca juga: Laga Real Madrid kontra Shakhtar Donetsk berakhir imbang 1-1

Memasuki menit ke-82, Atletico mendapatkan keuntungan jumlah pemain ketika Brugge harus bermain dengan 10 orang karena Kamal Sowah mendapat kartu kuning kedua.

Atletico mengancam gawang Brugge pada menit ke-88 yang merupakan peluang emas pertamanya pada babak kedua. Dari sepak pojok, kemelut terjadi di depan gawang dan bola jatuh kepada Morata.

Penyerang Spanyol itu menembak di depan Mignolet, tetapi masih membentur badan dan berujung sepak pojok.

Kiper Belgia itu kembali menggagalkan upaya Atletico, kali ini dalam injury time. Matheus Cunha berada di depan gawang setelah mendapat umpan rekannya dan menembak bola yang bisa dibendung Mignolet.

Tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan selesai tanpa gol.

Susunan Pemain:
Atletico Madrid (5-3-2):
Jan Oblak; Nahuel Molina, Stefan Savic, Jose Gimenez, Reinildo, Saul Niguez (Matheus Cunha 73'); Koke (Rodrigo De Paul 60'), Geoffrey Kondogbia, Thomas Lemar (Alvaro Morata 60'); Angel Correa (Yannick Carrasco 60'), Antoine Griezmann (Axel Witsel 79').

Club Brugge (4-4-2): Simon Mignolet; Denis Odoi, Brandon Mechele, Abakar Sylla; Andreas Skov Olsen (Bjorn Meijer 50'), Casper Nielsen, Raphael Onyedika Nwadike, Hans Vanaken, Tajon Buchanan (Clinton Mata 84'); Kamal Sowah, Ferran Jutgla (Eder Balanta 73').

Baca juga: Gol Jorginho dan Aubameyang membantu Chelsea menang 2-0 atas AC Milan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022