Washington (ANTARA) - Laba bersih Federal Reserve (Fed) berubah negatif pada September, risalah dari pertemuan kebijakan terbaru menunjukkan, meskipun itu tidak akan mempengaruhi kemampuan bank sentral AS untuk melakukan kebijakan moneter dan tidak mengancam posisi keuangannya.

Pada pertemuan 20-21 September, seorang staf The Fed New York mengatakan bahwa "seperti yang diperkirakan, laba bersih Federal Reserve berubah negatif pada September." Risalah, yang dirilis pada Rabu (12/10/2022), juga mencatat bahwa staf bank sentral memperkirakan The Fed akan menghadapi pendapatan negatif untuk beberapa waktu.

Pergantian menjulang ke kerugian teknis telah dicatat dalam risalah untuk pertemuan kebijakan Juli Fed.

Bank sentral AS memperoleh pendapatan dari obligasi yang dimilikinya dan dari jasa-jasa yang diberikannya kepada sektor keuangan. Setelah menutupi biaya operasional, The Fed menyerahkan pendapatan tambahan apa pun ke Departemen Keuangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, uang yang dikembalikan ke Departemen Keuangan sangat besar. The Fed mentransfer kembali 109 miliar dolar AS untuk 2021, kata bank sentral pada Maret. Itu lebih dari 86,9 miliar dolar AS dalam apa yang disebut pengiriman uang yang dikembalikan pada 2020.

Baca juga: Pejabat Fed nyaman dengan suku bunga kebijakan 4,5-5 persen pada 2023

Intinya The Fed sedang ditekan oleh alat yang digunakannya untuk menetapkan kebijakan moneter. Bank sentral menyebarkan dua suku bunga untuk mengelola suku bunga dana federal, tuas utamanya untuk mempengaruhi jalur ekonomi.

Suku bunga dana federal sekarang berada di kisaran target 3,00-3,25 persen, dan telah meningkat pesat dari level mendekati nol pada Maret. Untuk mengelola suku bunga dana Fed, bank sentral menggunakan sesuatu yang disebut suku bunga reverse repo untuk menetapkan tingkat rendah - tingkat itu sekarang berada di 3,05 persen, dan alat lain, suku bunga pada reserve balances, untuk menentukan ujung atas, sekarang di 3,15 persen.

Kedua suku bunga tersebut untuk membayar perusahaan keuangan memarkir uang tunai di pembukuan The Fed.

Beberapa analis memperkirakan bahwa ketika suku bunga dana fed berada di suatu tempat di kisaran 3,0 persen hingga 4,0 persen, uang yang perlu dibayarkan The Fed untuk mempertahankan suku bunga reverse repo dan reserve balances akan mengarahkannya ke ruang pendapatan negatif.

Pejabat The Fed telah berulang kali menekankan bahwa pendapatan negatif bank sentral tidak seperti bank konvensional yang kehilangan uang. The Fed menangani pendapatan negatif melalui apa yang disebut aset yang ditangguhkan, yang merupakan ukuran akuntansi yang kemudian akan coba ditutup oleh bank sentral ketika mulai menghasilkan keuntungan lagi. Pada data terbaru The Fed, ukuran aset yang ditangguhkan ini sekarang mencapai 2,9 miliar dolar AS.

Baca juga: Dolar menguat lagi, pelaku pasar cerna risalah pertemuan baru The Fed

Risalah yang dirilis pada Rabu (12/10/2022) mengatakan aset yang ditangguhkan akan meningkat seiring waktu, meskipun tidak ada angka yang diberikan. Risalah mengatakan "staf memperkirakan bahwa ukuran aset ditangguhkan terkait akan meningkat dari waktu ke waktu sampai laba bersih berubah positif, kemungkinan dalam beberapa tahun."

Salah satu faktor yang akan mendorong aset yang ditangguhkan lebih tinggi adalah fakta bahwa The Fed masih jauh dari selesai menaikkan suku bunga, yang berarti akan menghadapi biaya bunga yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. The Fed telah memperkirakan kenaikan suku bunga lebih banyak sementara berusaha untuk menurunkan inflasi, yang menurut ukuran pilihan bank sentral berjalan lebih dari tiga kali target 2,0 persen, dan mengincar suku bunga dana sekitar 4,6 persen tahun depan.

Memiliki pendapatan negatif bersih "tidak menghalangi kebijakan moneter yang kami lakukan, tetapi saya pikir itu menimbulkan masalah komunikasi," kata Presiden The Fed Cleveland Loretta Mester kepada wartawan pada Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Rupiah melemah masih tertekan pengetatan moneter agresif The Fed
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022