"Jika dilihat karya foto rekan-rekan jurnalis ini membawa pesan yang begitu dalam menangkap konteks program ini," kata Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Herman Suparman selaku perwakilan konsorsium IDSDB melalui
Jakarta (ANTARA) - Pewarta Foto ANTARA Arnas Padda terpilih sebagai juara pertama lomba foto yang diadakan oleh Konsorsium Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan yang bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) bertemakan "Mendorong Daya Saing Daerah Melalui Pembangunan Berkelanjutan".

"Jika dilihat karya foto rekan-rekan jurnalis ini membawa pesan yang begitu dalam menangkap konteks program ini," kata Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Herman Suparman selaku perwakilan konsorsium IDSDB melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pewarta Foto ANTARA Biro Makassar tersebut berhasil menempati peringkat pertama dengan karyanya yang berjudul Energi Ramah Lingkungan. Juara kedua diraih oleh Andri Denisah seorang fotografer lepas dengan judul foto Ternak Foto Trigona, dan juara ketiga Arie Basuki pewarta foto Merdeka.Com dengan judul foto Berkebun di Bromo.

Suparman mengemukakan karya para pewarta foto tersebut diharapkan dapat memberi gambaran kepada publik dan pemangku kepentingan terkait mengenai pentingnya kebijakan perekonomian daerah yang sejalan dengan perhatian terhadap kelestarian lingkungan.

Termasuk prinsip-prinsip keberlanjutan sosial, ekonomi dan tata kelola secara integral dalam kerangka pembangunan inklusif.

"Terutama bagaimana foto-foto itu membawakan pesan kepada publik bahwa keberlanjutan itu penting dalam meningkatkan daya saing daerah," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (PFI) Hendra Eka menyebutkan terdapat 328 foto yang dikirimkan oleh 68 jurnalis foto dari berbagai wilayah Indonesia.

Karya foto merekam beragam aktivitas yang terkait dengan pilar keberlanjutan seperti penggunaan energi ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, pemanfaatan hasil hutan nonkayu sebagai sumber ekonomi masyarakat setempat, penerapan ekonomi sirkuler dengan pengelolaan sampah, upaya masyarakat adat menjaga hutan hingga praktik pertanian yang ramah lingkungan.

Adapun lima pemenang favorit terdiri atas nama Imam Buchori pewarta foto Merdeka.Com dengan judul foto Lahan Hijau Warga Badui, Taufan Rengganis pewarta foto Tempo dengan judul foto Hasil Panen Warga Banten, M Ayudha pewarta foto ANTARA Biro Solo dengan judul foto Pembangkit Listrik Tenaga Sampah.

Berikutnya, pewarta foto Kliktimes Malang Yudha Prabowo dengan judul foto Kincir Air Listrik, dan Hendra Setyawan pewarta foto Harian Kompas dengan judul foto Budi Daya Ikan Hias.

Lomba foto itu diadakan pada periode September 2022 hingga pengumuman pemenang pada 15 Oktober 2022.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022