Total capaian pada delapan kecamatan di Jakarta Pusat sebanyak 8,6 persen atau 337 bayi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) mengimbau  anak usia di atas dua bulan agar mengikuti program vaksinasi Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) untuk mencegah radang paru-paru (pneumonia).

"Saya imbau orang tua membawa anak-anaknya yang berusia di atas dua bulan ke puskesmas terdekat untuk ikut vaksinasi PCV," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Dhany mengingatkan pentingnya pemberian vaksinasi PCV kepada anak-anak untuk mencegah tengkes (stunting).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Rismasari  mengakui capaian vaksinasi PCV masih terbilang jauh dari target.

Terkait hal itu dia mengimbau agar seluruh orang tua bersedia mengantarkan anak-anaknya yang sudah berusia dua bulan untuk mendapatkan vaksin PCV.

Dia mencatat sebanyak 337 bayi  sudah mendapatkan vaksinasi PCV dari delapan kecamatan seluruh Jakarta Pusat.

"Total capaian pada delapan kecamatan di Jakarta Pusat sebanyak 8,6 persen atau 337 bayi yang mendapat vaksinasi PCV," katanya.

Vaksin PCV itu dipastikan sudah tersedia di seluruh fasilitas kesehatan tingkat kecamatan dan kelurahan, ucap Rismasari.

Dalam hal ini, Sudin Kesehatan Jakarta Pusat mengalami kendala dalam penyelenggaraan vaksinasi PCV karena masyarakat masih banyak yang belum memahami vaksin ini sudah tersedia di puskesmas terdekat.

"Masyarakat belum paham bahwa PCV sudah ada di puskesmas dan ini bisa didapatkan secara gratis karena masuk dalam program pemerintah," lanjutnya.

Tidak hanya di fasilitas kesehatan milik pemerintah, warga juga bisa mendapatkan vaksin tersebut di bidan atau dokter umum.

Selain itu, Rismasari juga memberikan informasi terkait manfaat dari vaksin PCV yang merupakan cara tepat untuk mencegah penyakit pneumonia.

Adanya imunisasi PCV dapat melindungi sang buah hati dari bakteri streptococcus pneumoniae.

Vaksin PCV diberikan untuk bayi berusia dua, tiga dan 12 bulan untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyasar sebanyak 3.903 bayi guna mendapatkan vaksin PCV secara gratis program Kementerian Kesehatan RI.

"Vaksin PCV untuk bayi ditargetkan mencapai 3.903 bayi di wilayah Jakarta Pusat," tutur Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Rismasari, saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (24/9).
Baca juga: Kebayoran Baru catat capai sebaran vaksin PCV tertinggi
Baca juga: Pemkot sebut wilayah Taman Sari capai sebaran vaksin PCV tertinggi
Baca juga: 3.903 bayi di Jakarta Pusat terima vaksin PCV

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022