Jakarta (ANTARA) - Peneliti Pusat Riset Kesehatan Masyarakat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Masdalina Pane mengatakan kampanye pentingnya cuci tangan pakai sabun harus terus digencarkan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

"Kampanye mengenai pentingnya cuci tangan perlu terus digencarkan karena itu cara yang mudah, murah dan efektif untuk mengurangi penularan penyakit," kata Masdalina Pane dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) itu menambahkan, hampir semua penyakit infeksi dan penyakit menular dapat dicegah dengan mencuci tangan.

"Misalkan infeksi parasit, COVID-19, diare, dan berbagai penyakit menular lainnya," katanya.

Baca juga: Akademisi: Keluarga berperan strategis bangun kesadaran cuci tangan

Baca juga: Kemenko PMK: Cuci tangan dapat cegah penularan penyakit


Pane menambahkan cuci tangan pakai sabun atau cairan khusus pembersih tangan juga merupakan salah satu komponen penting dalam 3M.

"Selama pandemi, penerapan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan merupakan komponen-komponen penting untuk mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Pane mengatakan walaupun edukasi mengenai manfaat cuci tangan pakai sabun telah diajarkan mulai dari tingkat pendidikan dasar, namun kampanye dan sosialisasi mengenai hal tersebut harus terus digencarkan.

"Masyarakat harus terus diingatkan agar kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan masyarakat bahwa mencuci tangan dengan cara yang benar merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto mengajak masyarakat untuk mulai meningkatkan kualitas kebersihan diri dengan cuci tangan agar terhindar dari beberapa penyebaran penyakit.

Menurut dia, Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun sebagai cara yang efektif dan murah untuk mencegah berbagai penyakit.*

Baca juga: Rajin cuci tangan bantu cegah terkena cacar monyet

Baca juga: Pakai masker hingga cuci tangan bantu anak cegah hepatitis

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022