Babak final Hifzil Quran golongan 10 juz untuk tiga putra dan tiga putri dilangsungkan pada Senin (17/10) ini yang bertempat di Masjid Jami Sungai Jingah, Kota Banjarmasin
Banjarmasin (ANTARA) - Peserta putra dan putri Sumatra Selatan (Sumsel) masuk babak final untuk cabang lomba Hifzil Quran atau menghafal Al-Quran golongan 10 juz Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Untuk pengumuman pemenang pada Hifzil Quran golongan 10 juz ini disampaikan pada penutupan MTQN," kata Koordinator Cabang Lomba Hifzil Quran golongan 10 Juz dan 20 Juz MTQN ke-29, Ahmad Supian di Banjarmasin, Senin.

Ia menjelaskan babak final Hifzil Quran golongan 10 juz untuk tiga putra dan tiga putri dilangsungkan pada Senin (17/10) ini yang bertempat di Masjid Jami Sungai Jingah, Kota Banjarmasin.

Adapun peserta putra yang masuk final adalah, Abdurrahman Huzaifi dari Sumsel, Zaki Muhammad Al-Gani dari Jawa Barat (Jabar) dan Ahmad Syarifudin dari Lampung.

Kemudian untuk peserta final putri yang masuk final adalah, Sumayyah El-Hansya dari Sumsel, Azizah Khoiriyyah dari DKI Jakarta dan Rahmiyatul Khairat dari Sumatera Utara.

Sementara tuan rumah Kalsel tidak ada perwakilan yang masuk untuk final golongan 10 juz yang dimulai perlombaannya sejak 13 Oktober 2022 tersebut.

Pihaknya memastikan tim juri sudah bekerja sangat objektif, sebab di awasi tim pengawas dari pusat dan wilayah.

Demikian juga masyarakat yang menonton bisa menyaksikan langsung bagaimana berjalannya proses final itu.

"Bahkan tim juri tidak boleh bawa handphone," katanya.

Untuk cabang lomba Hifzil Quran golongan 10 Juz ini diikuti peserta dari 34 provinsi, baik putra maupun putri.

MTQ Nasional ke-29 tahun 2012 di Provinsi Kalsel yang dibuka secara resmi Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kiram Park pada Rabu (12/10) malam melombakan 8 cabang lomba dan 23 golongan.

Venue perlombaan pada MTQ Nasional ke-29 di Kalsel tersebar pada 12 titik di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Menurut laporan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, peserta atau qori dan qoriah yang mengikuti MTQN ke-29 ini sebanyak 1.676 orang dari 34 provinsi.

Baca juga: 34 provinsi ikuti kompetisi hapal Al-Quran 10-20 juz MTQN ke-29

Baca juga: Wapres buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park Kalsel

Baca juga: Kalsel jadi contoh sukses gelar MTQ Nasional di tiga kota

Baca juga: Gubernur berharap peserta MTQN sempatkan kunjungi wisata Kalsel

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022