Bila mampu melewati fase ini, kita patut bergembira menyambut Pemilu 2024, layaknya bersiap menikmati sebuah pesta.
Magelang (ANTARA) - "Bumi gonjang-ganjing, langit kelap-kelap". Begitulah ungkapan populer dalang ketika mengantar masuk ke babak gara-gara dalam pertunjukan wayang.

Penggalan ungkapan yang dalam jagat pedalangan dikenal sebagai "ada-ada" itu, bisa pula ditujukan untuk menunjuk situasi Bumi sedang terguncang hebat dengan angkasa berkelebat-kelebat cahaya kuat. Atas suasana itu, kengerian melingkupi segala makhluk Bumi. Yang mungkin paradoks, guncangan tempat berpijak dan kelebatan pedang cahaya yang tajam menyambar-nyambar di angkasa itu, justru mengiringi para punakawan --Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong-- hadir di panggung kelir.

Mereka dianggap titisan makhluk kayangan turun ke Bumi. Kehadiran mereka dalam rupa rakyat kebanyakan, namun perannya tak boleh diingkari sebagai penuntun moral bendaranya yang elite, agar melangkah tepat dan bijaksana bagi kepentingan dan kemaslahatan umum.

Begitulah kiranya boleh diceritakan bahwa dunia sekarang sedang terguncang oleh ancaman krisis global. Banyak penyebabnya, antara lain, dampak pagebluk COVID-19, perubahan iklim, dan perang Ukraina-Rusia yang menyeret keterlibatan banyak negara.

Selain itu, kondisi keuangan dan perekonomian internasional, kenaikan harga bahan bakar minyak, persediaan pangan dunia, dan disrupsi disebabkan kemajuan teknologi informasi.

Kalau Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya seluruh elemen dan kekuatan bangsa menjaga stabilitas politik dan keamanan karena situasi global tidak menentu, terutama menyangkut perekonomian dunia, tentu ihwal tersebut sebagai pepeling atau peringatan penting bagi seluruh elemen negeri, supaya Bumi Indonesia tidak terjadi gonjang-ganjing.

Cukup banyak negara saat ini kondisinya sedang terpuruk sebagai salah satu dampak pandemi COVID-19. Untuk mencontohkan situasi sulit, rumit, dan ketidakpastian global, Presiden Jokowi menggunakan diksi "antre" terhadap 28 negara yang sekarang ini sedang membutuhkan uluran bantuan Dana Moneter Internasional.

Dengan mengutip lembaga-lembaga internasional, disebutkan pula adanya 66 negara rentan ambruk dan 345 juta orang di 82 negara menghadapi krisis pangan.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi menyampaikan pesan tentang pentingnya stabilitas politik dan keamanan agar tetap dijaga, antara lain, melalui pertemuan dengan para pimpinan partai politik, termasuk dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Batutulis, Bogor, pada 8 Oktober lalu.

Selain itu, melalui pengarahan kepada para petinggi dan perwira Polri dalam berbagai kesempatan penting terkait lainnya yang dijalani Presiden. Secara khusus di hadapan petinggi Polri, Presiden minta mereka mempertajam kepekaan terhadap ancaman krisis, salah satu tidak menjalani kehidupan sehari-hari yang hedonistik.

Tentu saja laku hedonisme juga bukan jalan yang baik untuk kalangan masyarakat lainnya, terlebih di tengah ancaman gonjang-ganjing global sekarang ini.

Bahkan, untuk menjaga stabilitas politik pun, salah satu senjata pamungkas berupa perombakan kabinet bukan hal yang muskil ditempuh oleh Jokowi.

Guncangan besar setidaknya terjadi di dalam negeri beberapa waktu terakhir, seperti dalam kasus penembakan melibatkan jenderal polisi, penangkapan perwira tinggi polisi dalam dugaan kasus narkoba, tragedi Kanjuruhan yang menelan 132 jiwa dan ratusan lainnya terluka, serta munculnya pencalonan bakal calon presiden oleh partai politik pendukung pemerintahan dengan figur yang dianggap berseberangan dengan kepemimpinan Jokowi.

Belum lagi yang terasa menekan situasi makin sulit dalam kehidupan publik, khususnya kalangan bawah, terkait dengan kebijakan penyesuaian harga bahan bakar minyak, tekanan inflasi, dan rentetan bencana alam di berbagai daerah sebagai dampak cuaca ekstrem akhir-akhir ini.

Panggung persiapan menuju Pemilu 2024, baik yang dikerjakan penyelenggara pemilihan sesuai regulasi maupun manuver para elite politik dan berbagai partai politik, seakan kelir berbeda dengan ancaman situasi global yang berkelindan dengan pilu lainnya sedang dihadapi di dalam negeri.

Partai politik dan para elite seakan kehilangan orientasi mulia berpolitik secara bermartabat karena terburu-buru mendekati kursi puncak kekuasaan, sedangkan sejumlah elite yang disebut-sebut memiliki kans memimpin Indonesia sibuk merawat wajah karena memang jatah waktu dan ruang belum untuk mengungkap visi, misi, program kerja, dan beradu pandangan visioner untuk masa depan negeri.

Sementara rakyat umum bagaikan kanvas sedang dilukisi imajinasi masa depannya berbarengan dengan situasi mengimpit kehidupan serba terguncang dan tak mudah, serta banjir informasi menuju pesta demokrasi.

Dalam situasi perpolitikan Indonesia menuju Pemilu 2024 yang tanpa petahana ini, terasa menohok sindiran budayawan dan ilmuwan Mudji Sutrisno dalam "Krisis Peradaban" (2015) bahwa politik disempitkan dalam arti dan penghayatan sebagai politik kekuasaan.

Berbagai manuver dan intrik politik mereka sekarang ini, terasa sedang untuk memenuhi syahwat berkuasa. Seakan cepat terpinggirkan narasi mereka tentang langkah, terobosan, dan strategi politiknya itu sebagai seni mengatur hidup bersama untuk kepentingan kebaikan bersama, meninggikan harkat, serta memperkuat martabat manusia.

Begitu juga pandangan kontekstual tentang saujana geopolitik regional maupun global, seolah-olah dilibas kelebatan pedang ketidakpercayaan terhadap politik dan hawa ketidakpahaman keadaan terkini atas ancaman gonjang-ganjing global.

Persoalan pemahaman geopolitik mungkin memang masih elitis berada di kalangan tertentu negeri ini, belum terdiseminasi secara luas menjangkau berbagai tataran masyarakat, apalagi mereka yang tinggal di dusun dan kawasan gunung. Pembicaraan tentangnya bagaikan jauh panggang dari api.

Proses menuju pesta demokrasi 2024 memang harus dijalani sebagai kewajiban hidup berdemokrasi. Namun, kalangan elite dan parpol harus lebih cermat dan bijaksana bermanuver.

Ancaman terjadinya gonjang-ganjing global semestinya menjadi pepeling elite dan partai, agar mereka senantiasa menyampaikan peringatan itu kepada seluruh elemen masyarakat hingga menembus menjadi pemahaman dan kesadaran kolektif.

Dalam jagat global yang sedang terguncang saat ini, penting bagi masyarakat untuk waspada dan menjalani mitigasi dengan hidup hemat dan cermat, sederhana, sabar, serta tentunya ikhlas.

Berhemat dan cermat menyikapi ketidakpastian zaman bukanlah sesuatu yang utopis. Bila mampu melewati fase ini, kita patut bergembira menyambut Pemilu 2024, layaknya bersiap menikmati sebuah pesta.







Editor: Achmad Zaenal M






 

Copyright © ANTARA 2022